Atasi Konflik Saat Sleepover Anak

Bukan acara menginap namanya kalau tanpa disertai sedikit konflik. Jika terjadi demikian, atasilah dan coba beberapa hal ini. 

Jika Anda sedang menghadapi anak yang:  

Homesick atau kangen rumah: Usahakan untuk menenangkan tamu kecil Anda, namun jangan terlalu berharap itu akan berhasil. Cara yang paling ampuh adalah segera menelepon orangtua anak tersebut. Bila perlu, antar tamu cilik tersebut ke rumahnya. Itu akan menghemat waktu dibandingkan menunggu dia dijemput. Selain itu, dia pun merasa “diselamatkan” lebih cepat. 

Mengompol: Untuk menghindari ini, minta mereka untuk buang air kecil sebelum tidur. Bila masih ada yang mengompol, bantulah si “pelaku” untuk mempertahankan harga dirinya dengan berpura-pura menjatuhkan sebotol air di atas kasur saat memergokinya mengompol. 

Anak Anda kewalahan: Panggil dia untuk membantu Anda di dapur selama beberapa menit. Itu cukup untuk memberinya waktu menarik napas dan juga bagi Anda untuk memberinya semangat. Jika ini terjadi lebih dari sekali, tampaknya Anda harus menunda dulu untuk menjadikannya tuan rumah lagi. 

Adu argumen dan ejekan: Mengejek bukanlah hal yang baik. Perlihatkan pada semua tamu cilik bahwa Anda tak menyukai hal tersebut. Namun, jangan serta-merta ikut melerai sebelum ejekan tersebut berubah menjadi masalah yang serius. Bila mereka saling adu argumen, misalnya saat memilih judul film yang ingin ditonton, bantulah dengan mengadakan voting


Edisi Terbaru

School Success

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia