Cara Hargai Usaha Anak

Sebagai orang tua, memang sangat bangga jika anak mendapatkan nilai baik, apalagi mendapatkan ranking teratas di kelasnya.

Banyak orang tua yang suka memberikan hadiah kepada anaknya jika nilai-nilai mereka memuaskan. Memang tidak ada salahnya memberikan apresiasi berupa hadiah atas prestasi anak. Namun, seringkali orang tua malah lupa untuk menghargai usaha yang telah anak lakukan untuk mencapai sesuatu.

Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya selalu menitikberatkan pada usaha anak untuk mencapai prestasi, bukan pada hasil akhirnya. Sehingga, jika suatu saat nilai atau ranking anak turun, padahal sebenarnya ia pun sudah berusaha, orang tua tidak merasa dikecewakan dan malah memarahi anak.

Orang tua juga tidak boleh menuntut anak untuk selalu mendapatkan nilai atau ranking terbaik. Biarkan anak mengerti bahwa orang tua mengharapkan ia melakukan upaya terbaiknya dalam melakukan sesuatu. Berikanlah penghargaan atas semangat anak karena kegigihannya merupakan salah satu modal dasar menjadi anak go-getter.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia