7 Penyakit Ini Ditularkan di Sekolah

3. Radang Tenggorokan dan Infeksi Amandel
Tonsil (amandel) dan/tenggorokan meradang, menimbulkan nyeri, gatal, dan kesulitan menelan, serta kadang disertai demam dan batuk-pilek. Jika terinfeksi streptokokus, si kecil akan mengalami demam rendah, hilang nafsu makan,dan ada pembesaran kelenjar.
 
Bila disebabkan virus, perpindahan virus bisa terjadi melalui percikan air liur penderita. Bakteri bisa masuk ke dalam tenggorokan melalui makanan, alat makan, atau tangan yang kotor.
 
Banyak minum. Minuman hangat akan memberi rasa nyaman pada tenggorokan. Jika anak demam atau merasa tidak nyaman, berikan parasetamol. Kalau hidung tersumbat, berikan tetes hidung NaCl (bisa dibeli di apotik) dan menghirup uap air panas. Pengobatan dengan antibiotik hanya diperlukan bila radang disebabkan bakteri Streptokokus atau bakteri lainnya, serta tidak untuk mengatasi virus.
 
Menghindari kontak dengan penderita batuk-pilek, infl uenza, atau infeksi streprokokus, banyak minum, serta meningkatkan stamina dengan istirahat dan makan dengan baik. Konsultasikan ke dokter jika anak demam di atas suhu 39°C, kesulitan menelan, mengeluarkan air liur, tampak bintik putih atau luka pada tenggorokan yang tampak merah, nyeri pada leher, dan suara serak yang berlangsung selama 2 minggu.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia