7 Penyakit Ini Ditularkan di Sekolah

 

4. Diare
Frekuensi buang air besar melebihi 3 kali sehari dengan bentuk feses encer dan/berair. Terkadang diare juga muncul disertai muntah. Mikroorganisme bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi atau alat makan yang tidak terjaga kebersihannya.

Jika disebabkan oleh alergi atau intoleransi makanan, hentikan pemberian makanan tersebut. Pemberian obat anti muntah atau pemampat diare memang bisa mengurangi gejala, namun bisa pula berbahaya karena kuman penyakit tak kunjung keluar dari dalam tubuh (akibat pengeluaran feses tertahan). Yang perlu dilakukan adalah minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

Mama bisa mencampur air dengan Oral rehydration Solution (ORS) atau Cairan Rehidrasi Oral (seperti oralit) sesuai petunjuk. Tunda dulu pemberian makanan padat bila diare disertai muntah.

Hindari atau batasi konsumsi makanan yang bisa memicu diare, jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, dan tanamkan kebiasaan mencuci tangan pada si kecil. Ajari pula dia untuk tidak jajan di tempat yang tidak terjamin obat anti muntah atau pemampat diare memang bisa mengurangi gejala, namun bisa pula berbahaya karena kuman penyakit tak kunjung keluar dari dalam tubuh (akibat pengeluaran feses tertahan).

Yang perlu dilakukan adalah minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Mama bisa mencampur air dengan Oral rehydration Solution (ORS) atau Cairan Rehidrasi Oral (seperti oralit) sesuai petunjuk. Tunda dulu pemberian makanan padat bila diare disertai muntah.

Hindari atau batasi konsumsi makanan yang bisa memicu diare, jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, dan tanamkan kebiasaan mencuci tangan pada si kecil. Ajari pula dia untuk tidak jajan di tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

Bila ada tanda-tanda dehidrasi berat, seperti tidak buang air kecil lebih dari 6 jam, bibir kering, kulit tangan yang dicubit tidak kembali seperti semula, mata dan sekitar perut cekung, serta anak luar biasa mengantuk dan lemah. Juga, jika diare disertai demam dan muntah selama lebih dari 24 jam, feses berdarah atau berwarna hitam, serta muntah berwarna kehijauan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed