7 Penyakit Ini Ditularkan di Sekolah

 
5. Cacar Air
Gejala awal adalah demam, nafsu makan berkurang kadang-kadang disertai batuk kering, cepat lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, bisa muncul nyeri sendi dan sakit kepala.

Dalam waktu sekitar 24 jam, akan muncul bercak kemerahan pada kulit yang berukuran kecil, di sekitar dada, perut, atau punggung dan diikuti oleh bagian tubuh lainnya, termasuk wajah. Bercak kemerahan ini akan berkembang menjadi bintil bening berisi cairan, terasa agak nyeri atau gatal.

Sudah bisa terjadi 24 jam sebelum gejala penyakit muncul. Virus cacar air ditularkan melalui percikan air liur atau kontak langsung dengan cairan dari bintil pada kulit penderita dan benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan tersebut. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 10 - 21 hari.

Tingkatkan daya tahan tubuh anak melalui asupan makanan bergizi dan istirahat. Untuk mengurangi gatal, Mama bisa memberi bedak yang mengandung menthol.

Berikan vaksinasi cacar air pada si kecil dan pelihara daya tahan tubuhnya agar senantiasa fit. Selama sakit, sebaiknya anak tetap mandi seperti biasa. Kuman yang menumpuk pada kulit bisa menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Jangan menggosok tubuh dengan handuk terlalu keras sehingga bintil tidak pecah secara alami dan nantinya meninggalkan bekas kecokelatan yang sulit hilang.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia