Instagram Anti Bully


Orangtua punya peran penting dalam membangun dan menjaga komunitas yang positif baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Media sosial saat ini menjadi media andalan untuk membangun jejaring sosial. Lihatlah anak remaja kita, hampir setiap hari meng-update statusnya di Instagram. Bagi mereka, saat ini Instagram merupakan media yang sangat penting untuk menjaga eksistensi diri mereka.
Nyatanya, remaja dan orangtua di Indonesia merupakan komunitas terbesar di Asia Pasifik yang menggunakan Instagram untuk hal-hal yang positif dan menginspirasi.

Namun, diakui atau tidak, banyak orangtua yang mencemaskan pengaruh teknologi itu terhadap anak-anak mereka. Komunitas macam apa yang difollow oleh mereka? Siapa yang mem-follow anak kita? Postingan macam apa yang menjadi santapan anak-anak kita? Bagaimana isi  komennya. Kata-kata yang bagus, atau bullying?  Foto apa yang mereka unggah? Inspiratif-kah?

9 Mei 2018, Instagram meluncurkan fitur keamanan dan penyaring komentar perundungan di Indonesia. Fitur penyaring komentar perundungan secara otomatis menghilangkan komentar bersifat melecehkan atau membuat pengguna tidak nyaman.  Fitur baru ini mampu menyaring komentar yang berisi serangan atas penampilan atau karakter seseorang, serta ancaman terhadap kesehatan atau kesejahteraan seseorang.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan Anda dan putra putri remaja Anda saat menggunakan Instagram:

  • Filter komentar yang menyinggung (Offensive Comments Filter): Filter yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang menyinggung atau tidak pantas.
  • Filter komentar berdasarkan kata kunci (Keyword Comments Filter): Fitur yang memungkinkan Anda untuk mencantumkan daftar kata dan emoji yang menurut Anda menyinggung atau tidak pantas. Komentar yang mengandung kata-kata atau emoji ini akan secara otomatis disembunyikan dari komentar-komentar di post Anda.
  • Filter komentar perundungan (Anti-Bullying Filter) adalah fitur terbaru yang secara otomatis akan menyembunyikan komentar yang menyerang penampilan dan karakter seseorang, serta mengancam kesehatan dan kesejahteraan  seseorang. Fitur ini secara otomatis aktif terpasang dan dapat diatur melalui pusat Kontrol Komentar (Comments Control). Filter terbaru ini akan membantu Instagram dalam mengidentifikasi akun-akun yang mengganggu dan menghapus mereka dari Instagram. Saat ini pengguna tidak dapat mematikan salah satu filter dari kategori-kategori tersebut. Menonaktifkan fitur Offensive Comment akan secara otomatis  menonaktifkan ketiga kategori tersebut.
Helena Lersch, Head of Public Policy Instagram Asi Pasific mengatakan bahwa jutaan remaja di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk berbagi semangat dan kreativitas, menemukan minat dan hobi, serta menjalin koneksi dengan teman dan idola mereka. “Kami mau memastikan mereka bisa terus melakukannya dengan cara yang aman dan positif dengan fitur-fitur keamanan di Instagram. Fitur penyaring perundungan yang baru diluncurkan adalah bentuk komitmen berkelanjutan kami untuk menjaga Instagram sebagai sarana berbagi yang aman dan mendukung ekspresi diri.”

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia