Jamur Enoki yang Kaya Nutrisi


Ini dia primadona baru di kalangan jejamuran. Enoki yang bernama latin Flammulina velutipes ini mulai jadi favorit para mama dan anak karena keluwesannya diolah menjadi berbagai masakan dan camilan, seperti halnya jamur tiram yang lebih dulu jadi favorit keluarga.

Fakta Nutrisi

- Hampir semua vitamin B bisa diperoleh dari jamur enoki, terutama vitamin B2 (ribofl avin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), dan B7 (biotin).

- Kaya mineral, di antaranya kalsium, tembaga, zat besi, dan selenium. Hal ini menjadikan enoki sebagai salah satu makanan dengan fungsi immune booster.

- Enoki juga merupakan sumber serat yang lebih baik dibandingkan sayur kol, mencapai 2 kali lipat (sstt… ini bisa jadi solusi buat anak yang tak suka sayur, lho!)

- Dalam setiap 100g mengandung 26% protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Kecukupan protein akan membuat anak selalu bugar dan tak gampang sakit.

- Kaya asam amino, di antaranya valine, lysine, dan ergothioneine. Anak-anak yang mendapatkan asupan asam amino cukup akan mengalami perkembangan otak yang maksimal.

Rendah kalori, hanya 35 – 100 kkal/100g jamur enoki.

Baca juga:
Kenali 7 Jenis Jamur


Tips Memilih
- Pilih jamur yang masih bersatu dengan bagian akarnya. Hindari membeli, jika sudah banyak bagian batang yang terlepas dari bagian akarnya.


- Perhatikan kondisi fisik jamur. Pastikan batang jamur tegak, bersih, kering, dan tidak berlendir.

Ide Pengolahan

  • Diolah sebagai sup atau tumis.
  • Campurkan ke dalam mi ayam sebagai pengganti sayur.
  • Dimasukkan ke omelette.
  • Digoreng tepung dan dicocol dengan mayones.
Saat dimasak, masukkan enoki paling terakhir ketika makanan sudah hampir matang. Paparan panas yang terlalu lama akan membuat tekstur enoki menjadi alot. Batasi paparan panas hanya maksimal 5 menit.

Baca juga:
Tanam dan Panen Sendiri Jamur Tiram