Kebutuhan Serat Anak dalam Sehari


Anak tidak suka makan sayur dan buah? Hati-hati Ma, bila anak kurang asupan serat dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. “Manfaat serat banyak sekali terutama untuk anak usia balita. Di antaranya, serat dapat memperlancar saluran pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh,” dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A menjelaskan.
 

Dengan memenuhi kebutuhan serat setiap hari, setiap organ penting di dalam tubuh juga bisa terjaga dengan baik. Sebenarnya berapa kebutuhan serat anak dan anggota keluarga lainnya? Inilah jumlah kebutuhan serat perhari sesuai dengan usia:
Bayi 6-11 bulan    10 gram per hari
Anak 1-3 tahun    16 gram per hari
Anak 4-6 tahun    22 gram per hari
Perempuan dewasa    30-32 gram per hari
Laki-laki dewasa        38 gram per hari

Baca: Penyebab Anak Kurang Asupan Serat

"Agar kebutuhan serat anak terpenuhi, perkenalkan ia pada variasi sayur dan buah. "Bila anak susah makan sayur, pertama, ajak ia makan sayur bersama Mama dan Papa. Dengan begitu anak akan mencontoh kebiasaan ini. Kedua, jelaskan pada anak secara bertahap pentingnya serat untuk tubuh. Ketiga, campurkan potongan sayuran dan buah ke dalam makanan favorit anak," saran dr. Herbowo, yang ditemui saat acara peluncuran Fiberkid, minuman berserat untuk anak.

Baca: 7 Resep Pilihan Agar Anak Mau Makan Sayuran
                 

 

Edisi Terbaru

Family Holiday

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia