Mama Lebih Tegas Pada Anak Sulung

Sebuah penelitian mengatakan, banyak orangtua, terutama mama, lebih keras dalam mendidik anak pertama, dan menghasilkan statistik yang menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan anak sulung lebih tinggi dibandingkan anak bungsu.
 
Penelitan yang melibatkan 12.000 responden di Amerika Serikat ini, ditemukan 33,8 persen mama mengaku anak pertama mereka lebih pintar di kelas. Para responden ini juga mengatakan bahwa perlakuan mereka terhadap anak sulung yang mendapatkan nilai jelek di sekolah, terbilang lebih keras ketimbang si bungsu yang memperoleh nilai buruk.
 
Menurut V. Joseph Host, ketua penelitian, secara alamiah sikap tegas orang tua memang umumnya lebih terarah pada anak pertama. Karena bagi orang tua, si bungsu adalah si kecil yang selamanya selalu menjadi anak kecil di mata mereka.
 
Para pakar psikologi pun telah meninjau dan mempelajari hubungan antara urutan kelahiran anak dengan tingkat kesuksesan mereka di bidang akademis dan profesional. Hasilnya, kecerdasan anak bukan berdasarkan urutan kelahiran, tapi lebih kepada sikap dan perilaku orang tua terhadap sang anak.
 
Coba cek diri Anda, Ma. Benarkah Anda lebih tegas pada si kakak ketimbang adiknya? Jika ya, tak apa-apa juga, sih. Toh ini mungkin merupakan bagian dari insting mama yang ingin si kakak menjadi panutan dan contoh yang baik buat adik-adiknya, serta kebanggaan Anda sebagai orang tuanya. Meski begitu, jangan lantas Anda memperlakukan si adik bak anak emas, ya. Selain tak baik bagi perkembangan emosionalnya, juga bisa menimbulkan irihati dalam diri sang kakak.

Foto: Getty Images

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia