Usia Berapa Anak Boleh Pakai Kawat Gigi?



Menurut Asosiasi Ortodontis Internasional, waktu yang paling tepat untuk mendatangi dokter gigi spesialis Ortodonti (ortodontis) adalah pada waktu usia anak mencapai 7 tahun. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi maloklusi gigi sedini mungkin.

Baca juga : Alasan Anak Perlu Pakai Kawat gigi

Pada usia 7 tahun, beberapa gigi permanen sudah mulai muncul pada rongga mulut seorang anak. Sehingga pada usia ini, seorang anak sedang mengalami masa gigi campuran, yaitu gigi-giginya terdiri dari gigi sulung dan gigi permanen. Pada masa ini pula, seorang ortodontis mampu mendeteksi kelainan hubungan perkembangan rahang dengan gigi-gigi permanennya.

Baca juga : Masalah Ini Muncul Saat Anak Tumbuh Gigi


Beberapa kasus ortodonti, lebih mudah diperbaiki sedini mungkin pada saat tulang wajah dalam masa perkembangannya. Namun, seorang ortodontis tidak selalu merekomendasikan perawatannya langsung dimulai saat anak berusia 7 tahun. Banyak kasus yang mengharuskan orang tua untuk datang ke ortodontis secara periodik setiap 6 bulan sekali untuk melihat perkembangan rahang dan gigi-gigi anak mereka. Setelah itu, barulah ortodontis akan menentukan kapan perawatannya dimulai dan jenis perawatan seperti apa yang tepat untuk mengatasi masalah maloklusi pada anakanak Anda.

Foto: 123rf

                 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia