10 Tip Pilih Mainan Anak yang Aman

Bingung memilih mainan untuk anak? Ternyata, mainan untuknya tidak sekadar berwarna-warni dan sesuai kebutuhan di setiap usia, namun juga harus benar-benar aman.

Inilah berbagai hal yang harus selalu menjadi perhatian untuk memberi mainan pada anak menurut American Academy of Family Physicians dan American Academy of Pediatrics:

- Hindari mainan yang tajam atau sudutnya tajam.

- Letakkan mainan untuk anak yang lebih besar di luar jangkauan bayi dan batita.

- Anak paling suka merenggut atau menarik-narik mainan hingga lepas bagian-bagiannya. Jadi, pastikan mainannya tidak memiliki bagian yang longgar atau mudah ditarik-tarik.

- Pilihlah mainan sesuai tahapan usianya. Bacalah label pada kemasan. Bila mainan pilihan tidak direkomendasikan untuk usia si kecil, ya, jangan dibeli. Tunggulah hingga usianya mencukupi.

- Carilah mainan yang mudah  dicuci kembali atau bertuliskan non toxic pada label kemasan, sebab kebanyakan mainan berakhir di dalam mulut mungilnya.

- Kurangi kemungkinan anak tersedak dengan cara menghindari memberi mainan yang diameternya lebih kecil dari 4,5cm bagi bayi dan batita. Aturan umum: Benda apa pun yang bisa masuk ke dalam gulungan tisu kamar mandi berpotensial untuk menyebabkan tersedak pada anak dan harus dijauhkan darinya.

Mainan yang berisi biji-bijian atau bola-bola kecil (pellet) harus dihindari juga, sebab bisa membuat bayi tersedak atau sesak napas. Mungkin saja, salah satu bola-bola kecil tersebut tiba-tiba keluar dari mainan dan masuk ke dalam mulut bayi.

- Jauhkan anak dari mainan yang memiliki tali, pita, atau kawat sebab benda-benda ini bisa saja melilit lehernya.

- Hindari pistol atau mainan yang bisa menembakkan sesuatu. Bahkan, sesuatu yang sifatnya sangat simple yang ditembakkan dari mainan anak bisa menyebabkan cedera mata dan membuatnya tersedak.

- Perhatikan tempat penyimpanan mainan anak. Tempat ini bisa menjepit jarinya dan anak mungkin saja melompat ke dalamnya, terjebak, dan sesak napas.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

10 Tip Pilih Mainan Anak yang Aman