11 Superfood untuk Anak

Makanan-makanan berikut ini mengandung kaya nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Telur
Telur mengandung protein, dan merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin D, yang berfungsi membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Mengonsumsi protein dalam jumlah cukup saat sarapan akan membantu anak merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal
Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi oatmeal memiliki konsentrasi yang lebih baik di sekolah. Oatmeal kaya akan serat dan dicerna lebih lama. Hal ini akan membuat anak tak akan pernah kehabisan energi.

Buah
Buah apapun baik untuk anak Anda, karena menyediakan semua kebutuhan akan vitamin dan mineral. Buah-buahan juga kaya akan serat. Untuk mendapatkan manfaat buah yang beragam, berikan buah-buahan yang bervariasi untuk anak, ya, seperti melon, berry, jeruk, kiwi, dsb.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung lemak baik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Mengonsumsi sedikit lemak baik di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi anak sepanjang hari.

Susu
Protein dan kalsium dalam produk susu merupakan ‘bahan bakar’ bagi otak dan tubuh anak. Protein berfungsi dalam pembentukan jaringan otak, sementara kalsium pada susu berfungsi menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

Tahu/tempe
Semua makanan yang terbuat dari kedelai merupakan sumber protein yang baik. Tahu dan tempe sangat baik dikonsumsi terutama oleh anak perempuan, karena memiliki efek perlindungan terhadap kanker (terutama kanker payudara) saat ia dewasa nanti.

Tomat
Tomat mengandung likopen, sejenis antioksidan yang dapat mencegah kanker. Memasak tomat akan membuatnya lebih sehat, karena proses pemasakan justru akan membantu mengeluarkan kandungan likopen di dalamnya.

Tip untuk Anda: Sajikan tomat bersama dengan lemak baik, seperti minyak zaitun, agar tubuh bisa menyerap likopen lebih banyak.

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan. Untuk si kecil, pilihlah plain yoghurt yang mengandung protein dua kali lebih banyak dan lebih sedikit gula dibanding yogurt berperisa.

Kol, brokoli, kale
Sayuran dengan tekstur crunchy ini cenderung lebih disukai oleh anak. Kabar baik lainnya, sayuran ini mengandung phytonutrient yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker di kemudian hari, serta menyehatkan saluran pencernaan. Sayuran ini juga membantu membuang racun dari dalam tubuh dengan cara ‘memaksa’ tubuh memproduksi enzim tertentu.

Salmon
Ikan salmon mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat membantu perkembangan otak, mencegah depresi, dan memiliki kemampuan sebagai anti radang.

Cocoa
Dibanding cokelat yang telah diproses, bubuk cokelat memiliki kandungan flavonoid yang lebih tinggi. Flavonoid dapat membantu menjaga tekanan darah, kesehatan jantung, kesehatan mulut, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Pilih bubuk cokelat dengan komposisi 70% cokelat asli. Cara menyajikannya untuk anak, selain membuatnya menjadi minuman hangat, Anda juga bisa menaburkannya di atas pancake, waffle, atau roti panggang.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

11 Superfood untuk Anak