23 Ide Aktivitas Seru Agar Si Kecil Tak Bosan Selama #diRumahSaja


 

Social distancing menjadi salah satu cara yang diyakini mampu memperlambat penyebaran virus corona atau COVID-19. Hal ini mengharuskan semua anggota keluarga, termasuk si kecil untuk berada di rumah saja.
 
Anak-anak mungkin salah satu yang paling mudah terserang rasa bosan. Mereka mungkin saja merindukan kegiatan bermain bersama teman-temannya, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Akan tetapi, Dr. Jack Maypole, dokter anak di Boston Medical Center, AS, berpesan agar orang tua berpegang teguh pada aturan untuk tidak mengizinkan anak-anak bermain bersama teman untuk sementara waktu ini.
 
Nah, untuk tetap menghibur mereka di rumah, aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan?
 

1. Membaca Buku

Mungkin membaca buku menjadi aktivitas yang biasa. Akan tetapi, anak-anak akan selalu menikmati dibacakan buku oleh Anda. Agar tidak membosankan, Anda bisa meminta si kecil bergantian membacakan buku untuk Anda. Ia mungkin belum bisa membaca, tapi ia pasti menghafal isi bukunya. Jadi, pilih satu buku yang paling ia pahami isinya untuk ia ceritakan, ya, Ma.
 

2. Eksperimen Sains

Sains bisa dijelaskan pada anak-anak dengan cara menyenangkan. Mumpung Anda juga di rumah, manfaatkan kebersamaan Anda untuk membuat eksperimen sains. Anda bisa mendapatkan berbagai ide eksperimen di web seperti thedadlab.com, sciencefun.org, sciencekids.co.nz, dan lainnya.
 

3. Memasak

Libatkan anak-anak dalam menyiapkan makanan. Anda juga bisa mengajaknya memasak camilan favoritnya.
 

4. Tebak Lagu

Senandungkan sebuah lagu tanpa lirik. Minta si kecil menebaknya dan bergantianlah melakukannya.
 

5. Art and Craft

Ajak si kecil membuat proyek seni bebas. Sediakan krayon, cat air, buku gambar, gunting anak, lem, kertas warna-warni, manik-manik, dan berbagai perlengkapan lainnya. Buat kreasi yang menarik dan pajang hasilnya di pigura.
 

6. Berkebun

Ajak anak-anak mengisi waktu dengan berkebun. Ia bisa bertugas menyirami tanaman dan memberi pupuk. Berkebun juga akan memberikannya stimulasi sensori dan motorik.
 

7. Petak Umpet

Untuk anak-anak yang lebih muda, permainan ini tak pernah gagal untuk membuat mereka bersenang-senang.
 

8. Bermain Peran

Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain peran, kemudian lanjut bermain tebak-tebakan dari peran yang dilakonkan. Siapa yang paling banyak menebak benar, ia pemenangnya.
 

9. Simon Says

Ingin anak-anak bergerak? Coba saja permainan ini.
 

10. Bermain ‘Tenis’ dengan Balon dan Raket Bulutangkis

Atau membuat raket dari piring kertas tebal yang diselotip pada sendok kayu. 
 

11. Rendahkan ring Basket

 
Untuk bermain basket, pasang ember ukuran besar atau keranjang sampah di seberang ruangan atau halaman, dan adu lari untuk melihat siapa yang bisa lebih dulu memasukkan bola. (Pilih bola empuk yang ringan atau bola plastik daripada bola basket betulan).
 

12. Coba Sepakbola Solo

Secara bergantian, menggiring bola sambil berlari ke seberang halaman. Hitung jumlah tendangan Anda, lalu tantang anak untuk mengalahkan rekor Anda. Berikan anak yang lebih kecil (biasanya kerepotan mengalahkan Anda) tantangan khusus, seperti menilai jarak yang dicapainya setelah beberapa kali tendangan.
 

13. Engklek

Mainkan ini sambil berjemur pagi hari di teras rumah. Hitung-hitung sekalian olahraga!
 

14. Zebra Cross

Masih butuh referensi permainan fisik? Siapkan selotip berwarna hitam dan buat garis-garis dengan jeda 40 cm. Minta si kecil untuk melompat dan berhenti di setiap garis hitam saja. Ia tidak boleh mendaratkan kaki di luar garis hitam.
 

15. Joget Acak

Putar lagu favorit anak-anak dan joget bersama. Saat lagu di-pause, semua peserta harus membuat gerakan seperti patung. Begitu lagu diputar kembali, semuanya bisa berjoget kembali.
 

16. Salon-salonan

Tak ada salahnya melakukan home treatment di saat seperti ini. Anda dan si kecil bisa memakai masker rambut atau masker wajah dari bahan-bahan alami di rumah.
 

17. Lego dan Balok

Bermain lego dan balok tak pernah membosankan. Permainan ini juga melatih kemampuan motorik dan kordinasi mata dan tangan anak-anak.
 

18. Membuat Vlog

Maksimalkan gadget untuk membuat vlog. Anda dan si kecil bisa presenting di depan kamera ponsel tentang apa saja, mulai dari berbincang berdua dengan si kecil, ide permainan, atau dokumentasi hobi si kecil. Setelah jadi, kirimkan pada kakek dan nenek atau kerabat lainnya sebagai pelepas rindu. Selain bikin vlog, Anda berdua juga bisa ikutan dance dan menyanyi bersama di aplikasi TikTok yang sedang hits sekarang.
 

19. Harta Karun

Sembunyikan sesuatu yang disukai anak (buku cerita, mainan kecil, alat tulis lucu, dll). Berikan petunjuk tertulis untuk mencapai tempat itu. Caranya, tulis di kertas “lemari”. Di lemari ia menemukan petunjuk tertulis kedua: “tangga”. Di tangga ia menemukan petunjuk berikutnya, sampai akhirnya ia menemukan benda yang disembunyikan.
 

20. Bermain Kardus/Cardboard

Manfaatkan kardus bekas TV, kulkas, air mineral, atau mie instan (tapi harus bersih ya, Ma) untuk dijadikan kereta api, mobil-mobilan, istana, rumah-rumahan, atau pesawat terbang.
 

21. Menonton Film

Temukan genre film yang Anda dan ia sukai dan jadikan ini sebagai “we time”. Setelah menonton, ajak si kecil mengobrol tentang film tadi, misalnya tentang bagaimana ia memandang tokoh utama, tanyakan apa yang ia rasakan, dan lain sebagainya. Ini jadi pintu masuk untuk membuatnya lebih terbuka pada Anda. Jangan lupa, siapkan popcorn dan camilan lain agar aktivitas ini jadi makin menyenangkan.
 

22. Bermain Cosplay

Tak perlu ribut membeli kostum. Anda bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah seperti syal, topi, jaket, untuk memerankan koboi, atau baju rumbai-rumbai dan tiara untuk memerankan tuan puteri.
 

23. Screen Time

Sesuai dengan rekomendasi American Academy of Pediatrics, anak-anak di atas 2 tahun boleh memiliki screen time dengan waktu terbatas.
 
 
Oh iya, untuk menjaga anak-anak tertib dalam menjalankan rutinitas barunya, Anda perlu membuat jadwal. Dengan demikian, mereka lebih mampu memprediksi apa yang akan mereka lakukan dan jadi lebih disiplin.
 

Baca juga:
7 Tip Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Sekolah Ditutup
5 Aktivitas Seru di Rumah Perkuat Ikatan Anda dengan Si Kecil
Aktivitas Ini Latih Kecerdasan Motorik Anak
Aktivitas Seru Perkuat Bonding Mama dan Putranya
Aktivitas Ini Bikin Anak Konsumsi Makanan Sehat
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

23 Ide Aktivitas Seru Agar Si Kecil Tak Bosan Selama #diRumahSaja

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia