4 Hal Ini Bisa Latih Anak Gunakan Toilet


Bagi beberapa anak, melihat kotorannya hilang dari toilet merupakan sesuatu yang sangat menakutkan, sehingga enggan buang air besar (BAB) di situ. Ada juga anak yang melakukan toilet training secara perlahan. Yang pasti, jangan paksakan anak untuk tidak memakai diaper. Jika Anda melakukan hal itu, ia akan mulai menahan BAB. Akibatnya? Lama-kelamaan hal itu menyebabkan sembelit dan rasa tidak nyaman. Lebih lanjut lagi, anak semakin enggan menggunakan toilet. Untuk membantunya:
  • Beri banyak pujian.Bahkan jika ia hanya menggunakan toilet selama beberapa detik saja sebelum Anda memakaikan diaper, beri hadiah, berupa cerita dongeng sebelum tidur atau melakukan sesuatu bersama. Dr. Claire McCarthy, pengasuh rubrik di www.parenting.com, lebih memilih melakukan hal tersebut ketimbang memberi anak mainan atau uang.
  • Doronglah ia berlatih setiap hari. Waktu terbaik melakukannya adalah setelah makan, sebab biasanya anak kebelet BAB.
  • Jika ia duduk di toilet, letakkan bangku kecil atau sesuatu untuk menaruh kakinya. Anak sulit duduk nyaman kalau kakinya menggantung.
  • Bersabarlah! Dukungan dan kesabaran Anda adalah motivator terbaik bagi anak Anda untuk bebas dari diaper. (foto: fotosearch)
Baca juga:  Anak ke Toilet Sendiri
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

4 Hal Ini Bisa Latih Anak Gunakan Toilet

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia