5 Fakta tentang Tidur Siang


 

Anda pasti sudah tahu manfaat tidur siang bagi anak-anak, salah satunya adalah untuk memperkuat memori dan mempertajam otak mereka. Sebenarnya, masih banyak lagi beberapa fakta lain tentang tidur siang yang perlu Anda tahu juga.
 
Nicole Johnson, pakar tidur bayi dan balita sekaligus pendiri The Baby Sleep Site, membagikan fakta lain tentang tidur siang:
 

1. Tidur Siang Paling Penting

Setelah beranjak meniup lilin ulang tahun pertamanya, balita Anda mungkin masih akan memiliki beberapa kali tidur siang, umumnya 2 kali. Nah, tahukah Anda bahwa tidur siang pertamanya adalah yang paling penting? Bukan berarti waktu tidur lainnya tidak penting. Akan tetapi, tidur siang pertama cenderung menjadi yang paling memulihkan, mengatur emosinya sepanjang hari, dan umumnya menghasilkan tidur terbaik untuk balita.

2. 1x Sehari

Seperti sudah dikatakan sebelumnya bahwa frekuensi tidur siang bayi dan balita umumnya masih sering, pada usia berapakah mereka hanya tidur siang sekali saja? Transisi ke 1 kali tidur siang terjadi antara usia 15 - 18 bulan.

3. Tidur Siang Vs Tidur Malam

Bila balita Anda tidur nyenyak di malam hari, itu bukan berarti ia akan tidur dengan nyenyak di siang hari. Tidur siang tetap berbeda dengan tidur malam. Sebab, tidur ketika masih ada matahari dan semua orang masih beraktivitas cenderung bising. Faktor eksternal seperti suara TV, suara kendaraan yang melintas, dan lainnya membuat balita sulit tidur nyenyak.

4. Tidur Siang Saat Bepergian

Tidur siang saat bepergian seperti di mobil yang bergerak, di kereta, atau di troli bayi tidak serestoratif tidur siang di permukaan yang tidak bergerak seperti tempat tidur atau di sofa rumah. Akan tetapi, ini bukan jadi penghalang Anda untuk bepergian bersama balita di waktu tidur siang. Tidur siang sesekali saat bepergian bukan masalah besar.

5. Terlalu Lama Tidur Siang

Balita Anda sangat mungkin tidur siang terlalu lama. Ini mungkin bukan masalah bagi Anda karena Anda justru jadi bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Akan tetapi, hal ini dapat berdampak pada tidur malamnya. Jumlah waktu tidur siang yang direkomendasikan untuk balita 1-3 tahun adalah antara 1 - 3 jam.
 
 
Baca juga:
4 Cara Sukses Membujuk Anak Tidur Siang
Anak Susah Tidur Siang? Ini Solusinya!
Ini Manfaat Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak
Waktu Tidur Siang Sesuai Usia Anak
Rentang Waktu Ideal Anak Tidur Siang & Malam
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

5 Fakta tentang Tidur Siang