6 Tanda Anak Siap Toilet Training


dok. 123RF

 
Istilah toilet training atau potty training biasa disebut untuk melatih anak melakukan buang air kecil maupun buang air besar di toilet secara mandiri.

Selain faktor usia, orangtua juga perlu memperhatikan tanda-tanda kesiapan balita beralih ke toilet secara mandiri. Berikut tanda-tanda yang bisa dijadikan acuan:

1. Siap secara fisik
seperti sudah bisa duduk tegak dan tenang di satu posisi selama 2-5 menit, bisa tetap dalam keadaan kering selama 2-3 jam, serta sudah bisa membuka dan memakai celana sendiri.

2. Paham instruksi sederhana
seperti saat Anda mengatakan "tolong ambilkan", atau "ditaruh di sana ya, Nak". Ini artinya ia mulai memahami perkataan Anda dan bisa jadi jalan awal bagi Anda untuk mengajarkannya potty training.

3. Mulai bisa menghapal
Jika anak sudah bisa menghapalkan suatu kalimat atau cerita, itu artinya ia sudah mampu belajar dengan proses pengulangan. Di saat inilah Anda bisa memberikan potty training.

4. Mengungkapkan keinginannya
Walaupun anak belum bisa bicara dengan jelas, ia sudah bisa mengungkapkan keinginannya untuk buang air kecil atau buang air besar. Selanjutnya tunjukkan jalan menuju kamar mandi.

5. Melakukan sesuatu sendiri
Misalnya makan dan mengenakan atau mencopot baju dan celana sendiri.

6. Tertarik dengan potty seat
Anak sudah bersedia duduk diatasnya selama beberapa menit.




Baca juga:
Ajarkan Anak Toilet Training Sejak Dini, Ini Manfaatnya!
Memilih Toiletries untuk Anak

 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia