9 Daftar Makanan Kaya Kalium


 

Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kerja organ-organ seperti ginjal dan jantung. Akan tetapi, tubuh tidak dapat memproduksi kalium sendiri. Oleh karenanya, orang tua harus memastikan asupan anak dapat memenuhi kebutuhan kalium hariannya.
 
Berikut ini ahli gizi di Washington DC, Taylor Johnson, R.D., L.D.N., merekomendasikan beberapa bahan makanan kaya kalium yang baik untuk anak-anak.

1. Kentang

Kentang adalah salah satu sumber makanan dengan kalium tinggi. Satu kentang ukuran sekitar 150 gram akan memberikan 799 mg kalium. Akan tetapi, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk mengupas kulitnya dan membuangnya. Sebab, sepertiga kalium justru terdapat pada kulitnya. Membuang kulit akan membuat mineral penting ini hilang. Anda bisa menyajikan potato wedges yang dipanggang agar tak kehilangan manfaat kulitnya.

2. Ubi

Jenis umbi-umbian ini juga merupakan sumber kalium. 180 gram ubi dapat memberikan 846 mg kalium. Di samping kaya kalium, ubi juga mengandng vitamin C, vitamin A, serta vitamin B1.

3. Buah Bit

Sayuran bewarna merah tua dengan rasa manis alami ini dapat memberikan 518 mg kalium bila dikonsumsi dalam porsi ukuran 170 gram. Kandungan kalium pada buah bit juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit jantung. Selain kaya kalium, buah bit juga memiliki kandungan folat yang tinggi, serta bertindak sebagai antioksidan.

4. Jeruk

Buah yang dikenal kaya kandungan vitamin C ini ternyata juga merupakan sumber kalium yang baik. Selain itu, jeruk juga kaya folat, vitamin A, dan antioksidan untuk melawan radikal bebas dan peradangan. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jeruk secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.

5. Pisang

Buah kuning ini memang sudah populer sebagai makanan sumber kalium. Satu pisang berukuran sedang mengandung 422 mg kalium. Tak hanya kalium, pisang juga kaya vitamin C, vitamin B6, mangan, magnesium, serat dan antioksidan.
 
Perhatikan tingkat kematangan buahnya juga ya, Ma. Sebab, pisang matang cenderung mengandung gula yang lebih tinggi dari buah-buah lainnya. Anda juga bisa memilih pisang hijau sebab lebih rendah gula.

6. Avokad

Buah nikmat ini memiliki kalium tinggi. Avokad juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan sangat kaya serat, antioksidan, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan asam folat.

7. Yogurt

Yogurt terkenal sebagai sumber kalsium, riboflavin, dan kalium yang baik. Akan tetapi, tak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Satu cangkir yogurt ukuran 245 gram dapat memberi 518 mg kalium. Selain itu, yogurt juga mengandung bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Pilih yogurt tawar untuk menghindari kandungan gula berlebih. Tambahkan buah segar untuk memberikan rasa manis alami.

8. Salmon

Selain terkenal karena kandungan omega-3 dan proteinnya, salmon juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalium. Salmon filet ukuran 187 gram memberikan 683 mg potassium. Kandungan kalium yang kaya dari salmon juga dapat bermanfaat untuk penyakit jantung.

9. Air Kelapa

Air kelapa telah menjadi minuman kesehatan yang populer. Rasanya manis, akan tetapi rendah gula dan memiliki kandungan elektrolit yang tinggi, salah satunya kalium. Meminum satu gelas (240 gram) air kelapa akan memberikan 600 mg kalium.
 

Baca juga:
Kreatif Dengan Makanan Anak
Nutrisi 6 Jenis Bekal Makanan Anak
Resep: Salmon Saus Alpukat
Nutrisi Kulit Kentang
Tips Mengolah Kentang
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

9 Daftar Makanan Kaya Kalium

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia