Agar Anak Terbiasa Disiplin


Walau masih kecil, anak sudah dapat dikenalkan dengan disiplin. Anak mampu mematuhi peraturan di rumah, seperti membereskan mainan sendiri, atau meletakkan sendok dan garpu di atas piringnya dengan rapi.

Nah, agar proses belajar disiplin berjalan sukses, coba ikuti beberapa saran dari Madelyn Swift, penulis Discipline for Life: Getting It Right with Children, ini:

> Tanggung jawab bersama. Sejak awal, ajarkan bahwa sebagai bagian dari keluarga, anak harus saling membantu, siap berbagi, dan bekerja sama.

> Saling menghargai dan mendengarkan. Mulailah dengan contoh dari Anda sendiri, yang selalu mendengarkan dengan penuh perhatian. Berhentilah sejenak dari kegiatan Anda, fokuskan pandangan, dan dengarkan yang ia ucapkan. Kelak anak pun akan melakukan hal yang sama.

> Selalu konsisten. Suatu hal yang tak boleh Anda abaikan adalah konsistensi dalam menegakkan disiplin. Sikap Anda yang tegas dan konsisten agar ia senantiasa mematuhi aturan di rumah akan membuat ia memahami arti kegigihan dalam melakukan sesuatu. Hargai saat ia protes karena itu berarti, ia mulai bisa bersikap kritis terhadap peraturan yang Anda tegakkan di rumah. Berikan penjelasan yang ia perlukan. Dan bila ia memang bersalah, jangan biarkan ia lepas dari konsekuensi perbuatannya.

Foto : Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Agar Anak Terbiasa Disiplin