Ajak Anak Berkebun

Tidak pernah ada batasan untuk memulai bersahabat dengan alam. Pada balita, Mama sudah bisa mengenalkan aktivitas berkebun.

Tidak perlu susah-susah mengajak ke sawah atau menunggu saat mengunjungi rumah nenek di pedesaan. Menanamkan minat pada kegiatan seru ini bisa dimulai dari rumah.

1. Mulai dari dalam ruangan
Ada berbagai jenis tanaman yang mudah tumbuh dalam ruangan. Hal ini tentunya ide bagus terutama bagi Mama yang tinggal di tengah kota sibuk dan sempit lahan atau tinggal di apartemen.

Karena dapat tumbuh di dalam ruangan, izinkan ia menyimpannya di dalam kamar pribadi (jika hanya 1-2 pot kecil). Setiap malam ia bisa memperhatikan perkembangan ‘bayi tanaman’ miliknya.

2. Cari tanaman yang cepat tumbuh
Anak-anak mudah sekali kehilangan minat, maka itu sebaiknya cari tanaman yang cepat tumbuh. Mama bisa berkonsultasi dengan penjual bibit mengenai hal ini. Lili paris atau Chlorophytum termasuk tanaman hias populer, karena relatif cepat tumbuh dengan daunnya yang menarik. Bunganya berwarna putih, bila tanaman sudah cukup dewasa akan tumbuh anakan-anakan kecil pada ujung-ujung batang di sekeliling tanaman.

3. Pilih tanaman yang berguna
Cobalah menumbuhkan rumput, atau sayuran yang bisa dimakan. Gunakan pot persegi sebagai wadahnya. Beberapa tanaman bumbu seperti parsley, oregano, rosemary sangat cepat tumbuh, butuh sedikit matahari dan tidak membutuhkan area besar.

4. Beri kado berupa tanaman
Sebagai salah satu cara menyemangatinya berkebun, Mama bisa membiasakan ia memberi hadiah ulang tahun kepada anggota keluarga atau teman berupa tanaman. Asyiknya cara ini, tanaman tidak harus tumbuh tinggi saat dijadikan hadiah dan menjadi istimewa karena terasa sangat personal.

5. Biarkan tangannya kotor
Berkebun tentunya melibatkan tanah, pupuk, air dan berbagai bahan yang pasti  membuat kotor tangan (dan pakaian). Kalau ia tidak mau menggunakan sarung tangan, biarkan saja. Asalkan setelah berkebun anak terbiasa mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh hingga sela-sela jari dan kuku. (Penulis: Fina Khairaty/Foto: dok. Feminagroup)

Baca juga: Ide Liburan Seru di Rumah

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Ajak Anak Berkebun

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia