Anak Berkelahi dengan Anak Tetangga

Pernahkah Mama mengalami kejadian saat anak pulang dari rumah tetangga dengan bercucuran air mata karena berkelahi dengan anak tetangga?

Kejadian seperti itu sebenarnya lumrah dan seringkali terjadi pada anak-anak. Nah, hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah, jangan langsung memberikan teguran, baik kepada anak Mama, maupun kepada anak tetangga. Mama lebih baik meminta dulu anak untuk menceritakan secara kronologis kejadian yang telah terjadi di rumah tetangga.

Biarkan anak mengeluarkan ‘unek-unek’-nya terlebih dahulu. Dari ceritanya tersebut, Mama dapat memberikan pengarahan mengenai apa yang sebaiknya anak lakukan di kemudian hari. Jangan sampai Mama malah ikut terbawa emosi dan langsung menegur anak tetangga, padahal belum tentu cerita yang disampaikan anak Mama benar 100%.

Bukan berarti anak mencoba memfitnah temannya, tapi memang begitulah anak-anak. Mereka masih sangat egosentris sehingga belum mampu mengenali kesalahannya dan selalu menganggap orang lain yang bersalah.

Nah, jika keadaan sudah lebih baik, Mama juga dapat mencoba menghubungi orang tua si anak tetangga dan menanyakan kejadian yang sebenarnya terjadi di rumahnya. Namun, tetap berhati-hati dalam bertanya dan berkomentar, ya, Ma.

Jangan sampai terkesan menuduh atau menghakimi karena justru akan menimbulkan konflik baru di antara orang tua. Katakan pada orang tua anak tersebut bahwa Mama hanya bermaksud untuk mengetahui yang sebenarnya, agar di lain waktu, kedua pihak orang tua dapat menasihati anak masing-masing untuk berperilaku lebih baik.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia