Anak Tidak Suka Pada Pengasuh

Sekarang ini memang cukup sulit untuk mencari asisten rumah tangga atau pengasuh anak yang dapat dipercaya. Kalaupun ada yang terasa cocok dengan Mama, ada saja masalah baru yang muncul. Anak tiba-tiba menunjukkan sikap tidak suka pada si Mbak dan selalu ingin mau ikut Mama pergi karena tidak ingin di rumah.

Mungkin Anda merasa bahwa si pengasuh sudah cukup dapat dipercaya dan selalu menjalankan pekerjaan sesuai instruksi. Namun bagaimanapun, Mama perlu memperhatikan perasaan anak juga. Bisa jadi anak memang ingin bersama Mama yang harus bekerja, tapi mungkin juga ada tindakan-tindakan si Mbak yang membuat anak tidak nyaman.

Hal-hal tadi perlu dijadikan pertimabangan karena sebagai Mama, Andalah yang paling mengenal dan mengetahui anak Anda, jadi Mama perlu memikirkan kira-kira apa saja faktor yang dapat menyebabkan anak tidak suka pada pengasuhnya.

Umumnya, anak batita belum mampu menyampaikan secara spesifik mengapa ia tidak menyukai pengasuhnya. Namun, Anda bisa meminta anak untuk memberi contoh sikap dan perilaku si pengasuh yang tidak disukainya. Misalnya anak bilang “Pokoknya aku nggak suka main sama Mbak, aku maunya main sama Mama!”. Mungkin anak merasa terbiasa aktif bermain sementara pengasuhnya hanya membiarkannya bermain sendiri, atau malah sibuk nonton TV sambil berponsel-ria saat anak mengajaknya bermain. Tidak heran timbul perasaan negatif dari anak terhadap pengasuhnya.

Setelah meminta penjelasan anak, Mama juga perlu menanyakan pendapat si pengasuh mengenai penyebab anak Mama tidak menyukai Mbak-nya. Biasanya pengasuh akan merasa kalau memang ia tidak mengasuh atau memperhatikan anak Mama. Selain itu, cari tahu juga bagaimana cara pengasuh berkomunikasi dengan anak Mama.

Bisa jadi ia terlalu kaku menerapkan instruksi-instruksi Mama dalam pengasuhan anak karena takut disalahkan. Nah, setelah itu Mama bisa memberi masukan kepada si pengasuh agar memperhatikan kebutuhan anak bermain saat di rumah, terutama saat Mama sedang bekerja, supaya anak merasa nyaman dan tidak kesepian.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Tidak Suka Pada Pengasuh