Anak Menelan Benda Asing, Lakukan Langkah Ini!

bagaimana menolong anak yang menelan benda asing


Anak-anak terutama yang masih kecil atau di bawah usia lima tahun sering memasukkan beragam benda ke dalam mulutnya untuk eksplorasi atau yang disebut dengan fase oral. Tak jarang, benda asing tersebut sampai tertelan. Mama-Papa pasti langsung panik bila si kecil menelan benda asing.
 
Kadang-kadang, orang tua tidak tahu bahwa anak sudah menelan benda asing. Sebab, melansir dari mayoclinic, beberapa benda asing yang tertelan bisa langsung melewati sistem pencernaan dengan lancar. Beberapa benda bisa berlalu secara alami atau gejala baru akan muncul ketika benda tersebut kesulitan melewati saluran pencernaan.
 
Akan tetapi, beberapa benda dapat tersangkut di saluran kerongkongan yang menghubungkan tenggorokan dan perut, atau di usus. Nah, Anda perlu ekstra waspada kalau anak tiba-tiba tampak kesulitan bernapas, meneteskan air liur, terasa nyeri dada atau tenggorokan, menolak makan, sakit perut, dan demam.

Baca juga: Benda Asing yang Paling Sering Tertelan Anak-Anak
 
Bahaya Menelan Benda Asing
Mengutip dari healthline, benda asing yang berada di dalam tubuh dalam jangka waktu lama tanpa pengobatan dapat menyebabkan infeksi, seperti pneumonia aspirasi berulang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada, batuk berdahak, dan mengi. Terkadang, demam menyertai gejala ini.
 
Langkah yang Harus Dilakukan Orang Tua

  • Jika Anak Menelan Permen Karet
Dokter anak di Ohio, AS, Dr. Jason Sherman, DO., membenarkan bahwa benar jika permen karet tidak dapat dicerna. Akan tetapi, ia menjelaskan bahwa gumpalan kecil permen karet biasanya akan keluar dari perut anak dalam beberapa hari.
 
  • Bahaya terbesar adalah jika jumlah permen karet cukup besar sehingga menyebabkan tersedak,” ujarnya. Bila anak tidak mengalami gejala lain, biasanya orang tua tak perlu membawanya ke dokter anak atau UGD.
 
  • Jika Anak Menelan Play Doh
Umumnya beberapa permainan ini diklaim tidak beracun. Akan tetapi, jika seorang anak menelan dalam jumlah besar, maka ada kemungkinan ia akan mengalami masalah serius selain diare ringan. “Jika anak Anda menelan jumlah yang signifikan atau merasa sakit, maka Anda harus melakukan perjalanan ke dokter atau unit gawat darurat,” ujar Sherman mengingatkan.
 
  • Jika Anak Menelan Mainan Kecil/Bagian Kecil Mainan
“Kebanyakan mainan kecil dengan ujung membulat akan melewati sistem pencernaan anak dalam beberapa hari,” kata Dr. Sherman. Akan tetapi, ia juga menjelaskan bahwa potongan yang tajam atau lebih besar bisa menyebabkan masalah. Jadi, langkah yang terbaik adalah menghubungi dokter anak dan merencanakan kunjungan atau UGD untuk evaluasi dengan sinar X.
 
  • Jika Anak Menelan Baterai
Baterai bisa menyebabkan masalah yang signifikan jika tertelan. “Baterai sarat dengan bahan kimia berbahaya yang bisa sangat berbahaya bagi sistem pencernaan anak,” ujar Dr. Sherman. Ia menyarankan agar orang tua segera membawa anak ke rumah sakit bila mengalaminya.
 
  • Magnet
Banyak kasus anak tak sengaja menelan magnet. “Magnet dapat menyebabkan banyak kerusakan pada saluran pencernaan anak dan dapat memutar usus, menyebabkan ulserasi usus, kerusakan usus, perforasi, keracunan darah dan bahkan kematian,” jelas dr. Sherman.
 
Ia menambahkan, “Jika satu magnet menempel di usus besar dan yang lainnya di usus kecil, magnet itu bisa menempel satu sama lain melalui dinding usus.”
 
Ini berpotensi memotong suplai darah atau merobek lubang di usus, memungkinkan limbah bocor ke dalam tubuh. Efeknya bisa sangat fatal.
 
  • Jika anak Anda menelan magnet, atau jika Anda mengira anak Anda menelan magnet, Anda harus segera membawanya ke unit gawat darurat rumah sakit,” tegas Sherman.
 
  • Koin
Ini juga merupakan benda yang paling sering ditelan anak-anak. Dengan tegas, Sherman mengatakan, “Jika anak Anda menelan koin, bawa dia ke dokter anak atau ke unit gawat darurat rumah sakit.”
 

Penting untuk mengetahui di mana koin berada di saluran pencernaan anak. Oleh karenanya dibutuhkan pemeriksaan dengan sinar X. 
 
Coba Lakukan Bila ada Benda yang Tersangkut di Tenggorokan

heimlich manuver pada anak jika tersedak

Ketika mengamati ada benda yang baru saja tersangkut di tenggorokan anak dan membuatnya tampak kesulitan antara menelan atau mengeluarkannya, orang tua bisa membantu untuk mengeluarkannya dengan cara:
  • Berlutut di belakang anak
  • Letakkan satu tangan di dada anak untuk menopangnya
  • Bantu anak membungkuk sehingga tubuh bagian atasnya sejajar dengan tanah
  • Berikan lima tepukan keras di punggung dan lima dorongan di perut atau yang dikenal dengan maneuver Heimlich.
 
Baca juga:
Langkah Penting Menjaga Balita Aman dari Listrik di Rumah
5 Langkah yang Wajib Dilakukan Bila Anak Kesetrum Listrik
Cara Tepat Tangani Mimisan pada Anak
Si Kecil Pusing? 7 Tanda Anda Harus Khawatir
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 


Topic

#balita #pengasuhananak #parenting #safety

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Menelan Benda Asing, Lakukan Langkah Ini!