Anak Patah Tulang, Ini 4 Tip Membantu Mereka Melewati Hari-Harinya




Ada yang mengatakan bahwa punya anak kecil itu seperti blender yang tidak ada tututpnya. Mereka aktif bergerak ke sana-sini. Sedikit saja orang tua mengalihkan perhatian, tak jarang, ia melakukan hal yang sangat ekstrem. Jatuh pun jadi kemungkinan yang tak terhindarkan.
 
Hidup dengan memakai gips tentu tidak mudah, terlebih bagi anak-anak yang sedang sangat aktif eksplorasi. Tidak hanya bergerak yang menjadi lebih sulit. Banyak tantangan yang membuat aktivitas anak jadi tidak seleluasa biasanya, misalnya saja saat mandi, dan lain sebagainya.
 
Berikut ini adalah trik membantu anak melewati berbagai tantangan saat mereka harus memakai gips yang dirangkum dari Parents:
 

1. Bantu Meregulasi Emosinya
Tentu ada kesedihan yang dirasakan oleh anak saat mereka mengalami patah tulang. Tak hanya itu, emosi mereka bisa lebih kompleks ketika patah tulang yang menimpa mereka membuatnya tidak bisa menjadi perwakilan tim bola sekolah untuk perlombaan. Kekecewaan akan menimpa mereka. Di samping itu, kekhawatiran akan tertinggal di sekolah juga dapat dialaminya. Maklum saja, mereka izin untuk tidak mengikuti pelajaran cukup lama karena masalah tersebut.
 
Untuk membantunya, selalu dampingi mereka dan yakinkan bahwa semua akan berlalu. Selalu temani mereka agar mereka yakin bahwa Anda ada untuknya. Anda bisa mengundang keluarga maupun teman untuk menemani mereka.
 
Baca juga: 4 Tipe Orang Tua Dilihat dari Caranya Merespons Emosi Anak
 

2. Trik Agar Tetap Bisa Bermain
Bila anak-anak mengalami patah tulang di kaki, akan cukup sulit bagi mereka untuk bermain seperti sedia kala seperti melompat, lari-larian, merangkak, dan lain sebagainya. Bila anak mengalami patah tulang di satu tangan, juga akan sulit baginya untuk membiasakan bermain dengan satu tangan. Sebagai gantinya, berikan si kecil mainan yang bisa membuat mereka bermanuver dengan anggota tubuh yang bisa diaktifkan, misalnya saja bermain congklak, mobil-mobilan, atau menyusun balok. Bantu mereka untuk beradaptasi.
 

3. Pilih Baju Termudah
Ini tantangan yang cukup susah, terutama bila anak-anak mengalami patah tulang di bagian tangan atau tubuh bagian atas. Hindari menggunakan baju berlengan panjang dan terlalu ketat karena dapat tersangkut dan menaik gips. Di samping itu, Anda bisa memakaikannya celana yang berukuran besar untuk mempermudah. Anda juga harus menyediakan waktu lebih banyak untuk berpakaian, misalnya saja menambah alokasi waktu untuk bersiap-siap selama 20 menit sebelum berangkat sekolah untuk berpakaian.
 

4. Pergi ke Toilet
Anak-anak dengan gips di bagian kaki akan mengalami kesulitan naik dan turun dari kloset sementara membasuh kelamin menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak yang memakai gips.
 
Bantu mereka untuk berlatih berpegangan pada wastafel terdekat saat di toilet. Di samping itu, ajarkan mereka memaksimalkan satu tangannya untuk membasuh kelamin untuk menghindari bakteri. Bila sulit bagi anak-anak dengan gips di tangan untuk mencuci tangan, maka gunakan hand sanitizer atau tisu antibakteri untuk membersihkan tangannya. Ketahui 4 Kriteria Hand Sanitizer Aman untuk Anak-anak. Saat mandi, pastikan bagian yang memakai gips tidak terkena air.
 
Baca juga:
Aktivitas Ini Bisa Bentuk Tulang Anak Kuat
Sumber Kalsium Tak Hanya Susu, Dapatkan Juga dari 5 Sayuran Ini
Agar Anak Tidak Gampang Sakit, Tingkatkan Kekebalan Tubuhnya dengan 6 Kebiasaan Ini
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK 


Topic

#balita #kesehatananak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Patah Tulang, Ini 4 Tip Membantu Mereka Melewati Hari-Harinya