Anak Selalu Menolak Disisir, Terapkan 6 Tip Ini


Anak perempuan berambut panjang yang dikuncir dua memang pemandangan yang bakal bikin gemas. Tetapi, tak seorang pun, selain Mama, yang memahami ’perjuangan keras’ demi mendapatkan pemandangan cantik tersebut. Apalagi, jika si kecil kerap menolak disisir rambutnya. Lantas, Mama harus bagaimana?
  • Main ‘salon-salonan’: Dudukkan si kecil di depan cermin, dan ajak ia berpura-pura berada di salon (ia pasti tertarik, kalau sudah pernah menemani Anda nyalon). Bergayalah seperti kapster, dan biarkan si kecil hanyut dalam permainan ini, sementara Anda menyisir secara perlahan rambutnya.
  • Lakukan bersama-sama: Jika anak ingin berganti peran menjadi kapster, berikan boneka berambut panjang untuk ia sisiri rambutnya. Kalau sudah bosan main boneka, ajak ia ikut menata rambutnya sendiri. Misalnya, Anda menyisiri rambutnya di sisi kanan, dan biarkan si kecil menyisir di sebelah kiri.
  • Menyisir dengan lembut: Menyisir rambut secara perlahan bisa mendatangkan perasaan nyaman, seperti sedang dibelai. Maka, hindari menyisiri si kecil, ketika Anda sedang terburu-buru. Pilih sisir bergigi jarang dengan ujung sikat berlapis plastik. Untuk mengurangi tarikan pada rambut, pegang akar rambut sementara Anda menyisir bagian ujungnya.
  • Potongan rambut yang praktis: Selain dari segi penampilan, ada baiknya Anda mempertimbangkan juga masalah kepraktisan ketika memilih potongan rambut untuk si kecil. Sesekali, pilihlah potongan rambut pendek yang ringkas. Selain lebih mudah dirawat, si kecil tidak akan gerah.
  • Pakai kondisioner: Saat ini, ada banyak macam produk perawatan tubuh dan rambut anak. Agar rambut si kecil tetap lembut, pilihlah sampo anak yang sudah dicampur kondisioner ’anti kusut’. Pekerjaan rumah Anda pun terasa lebih ringan.
  • Tambahkan aksesori rambut: Berikan hadiah berupa aksesori rambut, bila anak bersedia disisiri rambutnya tanpa ribut-ribut. Kalau bisa, ajak ia memilih sendiri aksesori yang diinginkan. Pasanglah aksesori tersebut pada permainan ’salon-salonan’ berikutnya.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Selalu Menolak Disisir, Terapkan 6 Tip Ini