Asah Otak Dengan Bermain

Saat ini berbagai permainan asah otak jadi favorit anak usia 5 tahun. Semakin tertantang, ia semakin senang. Permainan 'mencari jalan' adalah salah satu yang bisa Anda berikan untuk mengasah kemampuan berpikir, penyempurnaan visual dan keterampilan motorik anak.

Antisipasi. Kemampuan berpikir anak 5 tahun semakin rumit. Ia sudah belajar mengambil keputusan, meski kerap kurang tepat. Mencari-cari jalan keluar, mencoba-coba dan salah, menjadi kegiatan menantang. Sayang terkadang ia belum mampu mengantisipasi bagian yang mengasyikkan dari permainan “mencari jalan”. Mencoba jalan ini salah, coba lagi jalan lain, betul dan ketemu.

Penyempurnaan visual. Perkembangan penglihatan anak 5 tahun juga kian sempurna, kecuali ia punya kelainan bawaan. Penglihatannya semakin tajam dan koordinasi kedua matanya semakin baik. Balita sudah lancar menggambar bentuk segitiga, juga menarik garis diagonal. Kejeliannya mengamati gambar, mampu menuntun jarinya menemukan jalan yang tepat

Mengasah baca-tulis. Kemampuan ini menjadi modal kuat untuk belajar membaca (dan menulis). Membaca yang dimulai dari kiri ke kanan, juga dari atas ke bawah, butuh ketrampilan koordinasi visual. Di awal belajar membaca kelak, anak menggunakan tangannya untuk menunjuk huruf yang akan dirangkainya menjadi kata.

Awali belajar baca-tulis dengan cara mudah dan menyenangkan. Permainan “mencari jalan” adalah alat bantu belajar yang baik untuk meningkatkan ketrampilan baca-tulis dan memecahkan masalah. Permainan ini sangat bermanfaat untuk anak usia prasekolah sampai usia sekolah dan mudah didapat. Majalah anak-anak biasanya menyediakan lembaran “mencari jalan’.

Terampil motorik. Bermain “mencari jalan” membantu anak mengembangkan ketrampilan motorik halus yang diperlukannya saat menulis. Biarkan anak mengikuti jalan menggunakan jarinya. Setelah ia menemukan jalannya, minta balita menggunakan pensil warna atau krayon untuk membuat jejak pada jalan yang ditemukannya. (DEN)

Foto: Fotosearch

Baca juga:
Asah Otak Anak Lewat Belajar 'Coding'
4 Permainan Asah Otak
6 Rambu Bermain Bagi Balita

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Asah Otak Dengan Bermain

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia