BAB Anak Lancar, Perlukah Tetap Makan Buah dan Sayur?



Tanya:
"Anak tidak suka makan buah dan sayur. Awalnya takut ia kekurangan serat, tapi saya perhatikan ia buang air besarnya lancar dan tak pernah sembelit. Perlukah saya ‘memaksa’ makan buah dan sayur?" - Geena - Jakarta

Jawab:
Serat selama ini memang dikenal sebagai pelancar buang air besar. Tapi, penelitian baru-baru ini menunjukkan fungsi serat yang jauh lebih besar dibanding sekadar melancarkan buang air besar.

Konsumsi serat yang cukup dan ditunjang bakteri baik di dalam usus, akan memicu suatu proses fermentasi atau peragian yang menghasilkan asam lemak rantai pendek butirat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Butiran yang mengalir di dalam darah dan sampai ke otak dapat mengurangi risiko Alzheimer atau kepikunan pada orang tua. Sedangkan pada anak-anak, butirat dapat membantu merangsang konsentrasi belajarnya.

Perut itu ibarat otak kedua pada manusia, ada semacam penghubung antara usus dengan otak. Jika kondisi usus sehat, tidak ada gangguan sakit perut, kembung, mual, dsb, otomatis mood akan menjadi lebih baik.

Konsumsi serat yang cukup bahkan bisa mengurangi angka kejadian alergi pada anak, lho, Ma. Jadi, cobalah biasakan si kecil untuk mengonsumsi serat sejak dini, agar ia mendapat banyak manfaat lain dari serat.

dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi

Baca Juga:
Tanya Jawab Seputar Makanan Anak

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

BAB Anak Lancar, Perlukah Tetap Makan Buah dan Sayur?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia