Agar Anak Berani Tidur di Kamar Sendiri



Membiasakan anak tidur sendiri di kamarnya memang perlu waktu dan tidak selalu mudah, apalagi bila dia sudah terbiasa tidur sama orang tuanya sejak kecil. Rasa takut dan perasaan tidak aman bisa membuat anak enggan tidur terpisah dari orang tuanya. Namun, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. (psikolog perkembangan anak), mengingatkan untuk tetap melatih anak tidur sendiri, bisa dimulai dari usia 3 tahun, untuk membentuk kemandiriannya.

Lakukan rutinitas sebelum tidur bersama anak, seperti membacakan dongeng atau mengecup dia, sambil mengucapkan selamat tidur, di kamar anak. Meskipun anak belum siap tidur sendiri, membiasakan rutinitas itu penting.

Buat anak mencintai kamarnya dengan melibatkan dia mendekornya, seperti yang dilakukan Wulan, yang meminta Mario memilih wall sticker dan seprai untuk kamarnya sendiri. Selain itu, letakkan semua barang anak di kamarnya. Buatlah target pencapaian, di usia ke berapa anak sudah harus bisa tidur sendiri. Dan tak ada salahnya, Anda juga menerapkan sistem reward. Misalnya, satu malam tidur sendiri, dia akan mendapatkan satu poin. Begitu poin mencapai jumlah tertentu, berikan hadiah kepada si kecil atas kesuksesannya.

Foto: TPGNEWS

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Agar Anak Berani Tidur di Kamar Sendiri