Bisakah Asma Sembuh Total?


Anak terdiagnosis mengidap asma. Bisakah disembuhkan secara total? Asma bisa sembuh,namun dianjurkan dalam pengobatan dokter.  Demikian menurut  Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro, SpP(K), Direktur sekaligus pemrakarsa Asthma-COPD Center.
 
“Saat menemukan gejala-gejala asma,ada baiknya langsung diperiksakan kedokter untuk mengetahui apakah ada faktor lain, seperti faktor lingkungan, atau kemungkinan memiliki alergi atau tidak sehingga bisa mendapatkan penanganan. Pengobatan awal asma dilakukan minimal 3 bulan, dan dilanjutkan hingga 1 tahun. Bila selama pengobatan kondisi sudah stabil, tidak menderita sesak napas tiba-tiba, atau mucul gejala asma lain, baru dihentikan memberian pengobatan tersebut”, ujarProf. Dr. Hadiarto menjelaskan.
 
Akan tetapi, gejala asma bisa dikendalikan dengan menggunakan obat pengontrol secara teratur Namun, tetap saja, bila suatu saat ia terpapar dari faktor lingkungan, serangan asma bisa terjadi lagi. Karena itu, penderita asma harus menghindari faktor yang membuat asma kambuh lagi, yang bisa berasal dari dalam dan luar tubuh, seperti stres, debu, udara dingin polusi udara.

Foto : Foto Search

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia