Cara Seru Belajar Alfabet

Selain menyanyikan lagu "A, B, C, D, F, G...", ada beberapa cara lain yang seru dan menyenangkan untuk anak belajar alfabet:

• Putar lagu-lagu Klasik
Agar tidak membosankan, nyanyikan lagu-lagu klasik dengan cepat atau perlahan-lahan. Nyanyikan dengan keras, lalu nyanyikan dengan berbisik, sambil melompat dengan satu kaki saat Anda menyerukan huruf-huruf dari lirik lagunya.

• Buat Buku Alfabet Sendiri
Foto hal-hal sederhana di lingkungan sekitar rumah yang nama-namanya dimulai dengan alfabet berbeda-beda. Misalnya: a untuk ayam, b untuk bunga, c untuk cicak. Kumpulkan foto-foto yang telah diambil ke dalam sebuah album foto kecil dan anak akan merasa senang memiliki bukunya sendiri.

• Bermain Tag (Menangkap)
Ambil kapur dan tulis nama depan anak Anda di trotoar. Kemudian, tantang anak untuk berpacu menuju huruf yang Anda sebutkan sebelum menangkap dan memeluknya.

•  Bentuk Huruf Lewat 'Gerakan' Tubuh
Minta anak Anda membentuk huruf menggunakan tubuhnya (huruf-huruf yang mudah saja). Akan lebih baik jika dia melakukannya bersama kakak atau adiknya, atau Anda juga bisa ikut melakukannya.

• Umumkan ‘Hari Huruf’
Ajak anak memanggang kue bersama, mewarnai gambar dengan krayon, dan membaca buku tentang kucing. Setelah itu, tunjukkan hubungan antara huruf ‘k’ dan penyebutan dari ketiga benda tadi. Anda bisa melakukan ini dengan huruf-huruf yang berbeda tiap harinya.

• Bermain dengan Makanan
Cheese sticks, spaghetti, ataupun irisan buah jeruk dapat membentuk hampir semua huruf dalam alfabet. Dan siapa tahu, dengan anak mengeja namanya menggunakan makanan ringan, dapat membantunya untuk tidak pilih-pilih makanan.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cara Seru Belajar Alfabet