Cara Mudah Mengukur Porsi Sayur Balita


 

Sayuran punya beragam manfaat untuk semua orang, termasuk balita Anda. Sayuran mengandung energi, vitamin, antioksidan, serat, dan mineral untuk anak Anda.
 
Sayuran memiliki kandungan serat tinggi namun rendak lemak dan kalori. Membiasakan anak-anak makan sayur rutin baik sebagai menu utama maupun camilan, dapat menghindari risiko obesitas.
 
Australian Dietary Guidelines merekomendasikan bahwa balita usia 1-2 tahun mengonsumsi 2-3 porsi sayuran setiap hari, balita 2-3 tahun harus memiliki 2 ½ porsi sayuran setiap hari, sementara balita di atas 4 tahun harus memiliki 4 ½ porsi sayuran setiap hari.
 
Nah, Anda mungkin sering bertanya-tanya apakah si kecil sudah memenuhi porsi yang direkomendasikan? Melanie Potock, MA, CCC-SLP, pakar pemberian makan bayi, punya cara mudah yang bisa Anda ikuti untuk menghitung apakah si kecil cukup makan sayur.
 

  • Untuk balita 1-2 tahun, gambarkan 1 porsi sayur seperti ukuran telur ayam. Sajikan 2-3 porsi sayur seukuran telur ayam.

  • Untuk balita 3-4 tahun, gambarkan 1 porsi sayur seperti ukuran setengah bola tenis. Sajikan 2-3 porsi sayur seukuran setengah bola tenis.

  • Untuk balita di atas 4 tahun, gambarkan 1 porsi sayur seperti ukuran bola tenis. Sajikan 2-3 porsi sayur seukuran bola tenis.

 
Sudah tidak bingung lagi kan, Ma? Sajikan jenis sayur yang beragam untuk si kecil, ya.
 
Manfaat Makan Sayur bagi Balita
 
Sayur punya beragam manfaat bagi si kecil, di antaranya:

  • Menjaga Kesehatan Tulang, Gigi, dan Kuku

Makan sayuran hijau seperti kangkung, kol, dan brokoli, membantu anak-anak memiliki tulang, gigi, dan kuku yang kuat dan sehat.

  • Sayur-sayuran berwarna oranye dan merah seperti wortel, tomat, atau labu menyediakan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan penting terhadap infeksi. Ini juga bisa membantu melindungi mereka dari kuman.

  • Sayur berwarna ungu seperti terong dapat membantu meningkatkan daya ingat anak-anak.

  • Makanan dengan vitamin A dan beta karoten membantu menjaga penglihatan anak-anak agar tetap sehat.

  • Sayur memberikan perlindungan yang penuh antioksidan untuk menjaga dari penyakit jantung dan kanker.

 
 
Baca juga:
Anak Sehat Makan Buah dan Sayur
Belanja Sayur dan Buah Lewat Aplikasi Online
Alasan Anak Perlu Makan Buah dan Sayuran Ungu
Resep: Keripik Sayuran
7 Resep Pilihan Agar Anak Mau Makan Sayuran
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Cara Mudah Mengukur Porsi Sayur Balita

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia