Cegah Anak Konsumsi Gula Berlebih, Ini Caranya!




Anak-anak biasanya suka sekali rasa manis. Permen, es krim, puding, jelly, dan kue-kue bersalut gula manis, adalah kesukaan mereka. Namun, mengonsumsi terlalu banyak gula bisa berdampak buruk bagi anak. Dampak negatifnya bisa  tampak dari segi perilaku, hingga kemampuan tubuh dalam menangkal penyakit. Konsumsi 20 sendok teh gula (yang kira-kira setara dengan jumlah gula dalam dua kaleng minuman bersoda) bisa mengakibatkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam merespons kuman penyakit.
 
Baca juga: 4 Alasan Anak Hobi Makan Makanan Manis
 
Untuk menjauhkan anak dari berbagai risiko yang disebutkan di atas, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah memangkas konsumsi gula harian. Tapi jangan senang dulu, karena biasanya hal ini lebih mudah dikatakan ketimbang dilakukan. Pasalnya, bukan semata-mata mengurangi jumlah takaran gula dalam sendok, Anda juga mesti mewaspadai gula yang diselipkan dalam berbagai jenis makanan, mulai dari biskuit, sereal, roti, sampai buah-buahan.
 
Beberapa langkah di bawah ini bisa Anda coba:
 
Ganti susu manis dengan susu segar
Anak senang membawa bekal susu kotak atau minum susu beraneka rasa untuk menyegarkan diri sepulang sekolah? Mulai sekarang, biasakan ia minum susu segar yang rasanya tawar dan bebas dari zat perasa dan pemanis tambahan. Anda bisa menambahkan potongan es batu untuk menyemangati anak mengganti pilihan dari susu manis ke susu tawar. Atau menawarkan yogurt tawar dengan potongan buah untuk memberikan tekstur yang lebih menarik.
 
Baca juga: Berapa Gelas Sebaiknya Anak Minum Susu?
 
Sediakan camilan buah
Alih-alih camilan dalam kemasan yang banyak mengandung gula, sediakan semangkuk kacang atau potongan buah sebagai snack harian anak. Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan ke toko buah untuk memilih sendiri jenis buah yang hendak disantapnya. Sebagai variasi, bisa juga Anda buatkan jeli atau puding yang dicampur potongan buah dan sedikit gula.
 
Jangan simpan minuman bersoda
Anak senang menyantap minuman bersoda? Untuk mengurangi godaan ketika membuka lemari es, tak perlu lagi Anda melengkapi persediaan minuman bersoda di rumah. Jika ingin minuman yang memiliki tambahan rasa, Anda bisa membuatkan jus buah tanpa tambahan gula atau infused water dengan pilihan berbagai rasa: stroberi, lemon, mint, dan sebagainya.
 
Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Soda?
 
Berikan contoh baik
Pakar pendidikan sedunia sepakat bahwa mengajari anak melalui pemberian contoh baik adalah metode pendidikan yang paling efektif dilakukan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Jika ingin si kecil membatasi konsumsi yang manis-manis, maka Anda pun perlu melakukan hal serupa. Artinya, jangan lagi dengan mudahnya menyambar cappucino, brownies, stik cokelat, dan camilan manis lainnya, terutama ketika Anda sedang bersama si kecil. Sudah siap melakukannya?

Baca juga: 
Ingin Makan yang Manis-manis atau Junk Food, Hati-hati Emotional Hunger!
Fakta tentang Pemanis Buatan
Katakan 6 Hal Ini Tentang Sayur & Buah pada Si Kecil
 
Foto: Fotosearch


Topic

#balita #kesehatananak #gizianak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cegah Anak Konsumsi Gula Berlebih, Ini Caranya!