Gerakan Yoga untuk Anak

Anak-anak kecil tidak cukup terkoordinasi untuk melakukan gerakan yoga yang serius, atau mampu mengikuti instruksi yang rumit. Namun, begitu anak Anda bisa meniru Anda—sekitar dua tahun—ia bisa belajar beberapa postur yang tenang dan fun, kata guru yoga Marsha Wenig, pengarang buku Yoga Kids. Dua gerakan ini bisa dilakukan bersama:


Ketika aktivitas harus diakhiri 

‘Mengurai simpul’

Sambil berdiri, goyang-goyangkan tangan dan kaki hingga mirip ‘goyangan’ agar-agar.
Secara perlahan-lahan membungkuklah, biarkan tangan dan kepala ‘menggantung’ lemas seolah-olah boneka kain yang sedang terkulai.
Relakslah selama beberapa waktu, lalu pelan-pelan angkat kembali tubuh hingga pada posisi berdiri.


    Ketika harus tenang menjelang tidur

    ‘Berenang, bebekku, berenanglah’

    Minta si kecil berbaring, sementara Anda menaruh rubber ducky (atau mainan stuffed kecil lainnya) di atas perutnya.
    Tariklah napas dan lihat pusar naik dan si bebek ‘berenang’ (atau burung terbang, kucing melompat, dan sebagainya).
    Hembuskan napas, serta lihat mainan tersebut ‘tenggelam’. Ulangi lagi sebanyak tiga kali atau lebih (sampai sepuluh kali). –amy roberts