Hilangkan Kebiasaan Anak Isap Jari

Mengisap ibu jari memang merupakan cara yang mudah dan alami bagi seorang anak untuk memuaskan keinginan mengisap. Karena itu, anak yang mengisap ibu jari cenderung tenang dan jarang rewel.

Tapi, ada caranya untuk menghilangkan kebiasaan ini, Ma. Berikut ini cara-caranya:

- Membiarkan hal itu dan tidak melarang setidaknya selama usia sebelum sekolah, dan bersabar sampai tahap dimana keinginan anak untuk mengisap begitu kuat sudah terlewati.

- Di usia lima atau enam tahun, biasanya anak akan berhenti sendiri karena malu, atau karena melihat teman-temannya juga tidak melakukannya. Saat itulah Anda bisa memberinya pengertian agar ia berhenti mengisap ibu jari. Tapi, kalau Anda khawatir saat itu nanti sudah akan terlambat, Anda bisa memberinya empeng sebagai pengganti ibu jari.

- Jangan melarangya ya, Ma, karena anak justru akan sembunyi-sembunyi melakukannya.

- Jangan mengolesi ibu jari dengan sesuatu yang tidak enak, ini justru bisa membuat anak frustrasi dan menunjukkan perilaku agresif atau menjadi bandel.

- Sedangkan bila orangtua melarang dan mencoba menunjukkan pada anak bahwa mengisap ibu jari adalah hal yang buruk justru akan membuat anak menganggap dirinya juga buruk. (Foto: dok. Feminagroup.)

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Hilangkan Kebiasaan Anak Isap Jari

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia