Ini Cara Hadapi Anak Mimisan

Wajar, kok, jika mama panik saat ini terjadi pada anak. Masalahnya, masih banyak mama mengambil tindakan pertama yang salah. Untuk menghentikan pendarahan, beberapa mama suka meminta anak menengadahkan kepala, menekan bagian tengah hidung, meletakkan es batu pada hidung, atau membiarkan saja. 

Nah, berikut yang sebaiknya dilakukan saat anak mimisan:

- Minta anak agak menundukkan kepalanya. Dengan menengadahkan kepala, akan mengalirkan darah  ke tenggorokan. Akibatnya, darah bisa tertelan, anak akan tersedak dan batuk, hingga muntah.

- Tekan cuping hidung anak, sehingga darah tertahan untuk tidak mengalir keluar dari lubang hidung. Anda bisa menutupnya dengan jari Anda, kertas tisu, atau saputangan. Tetap tekan selama 4 – 5 menit. Hindari membuka tutup hidung, yang hanya akan membuat darah mengalir kembali. Bila setelah 5 menit darah masih saja mengalir, coba tutup lagi selama 5 – 10 menit.

- Minta anaktidak mengembus napas secara paksa selama 24 jam, untuk mencegah terjadinya infeksi. Mimisan seharusnya tidak terjadi lebih dari 45 menit. Hubungi dokter bila darah tetap mengalir lebih dari waktu itu.


 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Ini Cara Hadapi Anak Mimisan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia