Kenali Efek Samping Obat Herbal

Tak selamanya bahan-bahan alami yang biasa dipakai obat bebas dari efek samping.


Tahun lalu, di Amerika, misalnya, pemerintah menganjurkan agar tidak menggunakan obat homeopati berbentuk nasal spray yang mengandung zinc, karena diduga bisa menyebabkan seseorang kehilangan penciumannya secara permanen. Namun, peringatan ini tidak menunjukkan bahwa sesuatu yang mengandung zinc pastilah bermasalah. Benarkah?


Menurut Ronald Turner, M.D., profesor pediatri dari University of Virginia School of Medicine yang mengepalai penelitian soal zinc, kandungan zinc dalam obat batuk justru bisa mengatasi tenggorokan gatal.


Ditambahkan Dra. Katrin Basyah, MS, dosen Departemen Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Depok, bahan alami yang biasa digunakan dalam ramuan obat tradisional memang bisa memberi dampak tak enak jika penggunaannya secara berlebihan. Misalnya, timbul rasa mual, muntah, pusing, atau diare.


Begitu juga kalau dosisnya terlalu sedikit. Bisa-bisa tidak ada efeknya sama sekali, atau penyakit yang diderita anak menjadi lama sembuh. Bila Anda tak yakin pada takarannya, jangan ragu untuk bertanya pada pakarnya ataupun mencari referensi lebih lanjut.


Baca juga: Redakan Pilek Tanpa Minum Obat

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia