Mematuhi aturan

Sulit rasanya membujuk si kecil ikut aturan di rumah. Mungkin saja ia belum banyak protes, tapi tidak berarti ia akan sukarela mengikuti instruksi Anda, kan? Daripada bertengkar dengan si kecil, bagaimana kalau Anda mengubah ‘tugas’ itu jadi permainan yang penuh gelak tawa? Cobalah tip berikut ini:

  • Susah mandi? Pakaikan baju renangnya (jika perlu, Anda juga!), dan ajak ia saling menyemprot atau mengguyur di kamar mandi. Bisa juga dimulai dari menyiram tanaman sambil sesekali selang diarahkan ke atas (supaya ia juga kecipratan), setelah ia basah, ajak ia ke kamar mandi sambil tertawa-tawa.
  • Tak mau sikat gigi? Coba bertukar sikat gigi, sekarang ia menyikat gigi Anda dan Anda menyikat giginya. Katakan kepadanya Anda sedang mencari dinosaurus yang bersembunyi di balik giginya, dan setelah selesai menyikat gigi, teriaklah dengan penuh kemenangan, dinosaurus telah dikalahkan! Trik lain, minta ia menguap seperti kuda nil atau mengaum seperti singa ketika sikat gigi akan masuk ke dalam mulutnya.
  • Menolak pakai baju setelah mandi? ‘Serbu’ dia dengan gelitikan dan bilang tangan Anda baru bisa berhenti kalau badannya sudah ditutup baju. Boleh juga kejar-kejaran dulu di kamar, tiap kali ia tertangkap, pakaikan satu baju saja (misalnya kaosnya masuk leher dulu, tangkapan berikutnya tangan kanan, dst).
  • Meninggalkan mainan berantakan? Ajak dia berlomba memasukkan mainan ke kotaknya satu per satu. Tiap kali berhasil memasukkan satu, berikan sorak sorai dan tepuk tangan membahana. Seperti berlomba betulan, kan? Ajak ia mendorong boks mainan mendekati masing-masing mainannya. Dorong-dorongan ini pasti akan menyenangkan! Ketika sudah dekat, Anda tinggal memasukkan mainannya ke dalam kotak.
PAR 0408

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Mematuhi aturan