Mengajarkan Anak Bahasa Asing

Saat ini, selain bahasa Indonesia, anak juga perlu memiliki kemampuan berbahasa asing. Banyak sekolah yang juga telah mengajarkan anak bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sejak dini. Sebenarnya, kapan sebaiknya anak mulai mengenali bahasa  asing?

Banyak sekali pendapat berbeda mengenai kapan sebaiknya anak mulai mempelajari bahasa asing. Sebagian menyatakan, sebaiknya anak mempelajari kedua bahasa dari sejak bayi. Sebagian mengatakan, lebih baik anak mempelajari bahasa utamanya terlebih dulu. Jika sudah menguasai, barulah ia bisa mempelajari bahasa lainnya.

Menurut penelitian, waktu terbaik mengajarkan bahasa asing terhadap anak adalah ketika ia mulai bisa mengucapkan kata-kata pertamanya, yaitu pada usia 8-16 bulan, sehingga tidak akan menyebabkan keterlambatan bicara pada anak.

Nah, agar efektif melatih anak berbahasa asing, berikut ini salah satu caranya. Anak lebih mudah belajar melalui indera pendengarannya. Maka itu, coba ajak anak mendengar suara percakapan bahasa lain melalui CD maupun kaset.

Meskipun begitu, tiap anak memiliki gaya belajar berbeda-beda. Beri anak metode beajar yang bervariasi, seperti menonton DVD, memberikan buku gambar  dan menyediakan flashcard. Dengan memperkenalkan bahasa asing dari kecil, pada usia 3 tahun anak akan merasa senang mengikuti kelas-kelas bahasa.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia