Menyapih Anak Bebas Stres



Setelah 2 tahun menyusu pada Mama tanpa jeda, menyapih anak bukan urusan mudah. Ia telah merasa begitu nyaman ketika melekat pada Mama, sehingga urusan menyapihnya bisa jadi akan menimbulkan ‘drama’. Mau tahu tip menyapih tanpa ‘drama’? Ini dia:

  1. Santai. Jika Anda tegang dan gugup, anak akan merasakan hal yang sama. Saat anak gelisah, ia justru akan lebih sering menyusu pada Anda untuk mencari rasa nyaman.
  2. Sediakan snack. Selama proses penyapihan berlangsung, pastikan Anda menyetok persediaan untuk camilan anak. Letakkan di tempat yang mudah diraih anak. Jika ia mendapat kemudahan akses untuk meraih camilannya, keinginannya untuk menyusu pun akan berkurang.
  3. Buat anak sibuk. Rencanakan berbagai kegiatan menyenangkan untuknya sepanjang hari. Jadi, ia bisa melupakan payudara Anda. Misalnya, mengajaknya bermain clay, jalan-jalan di taman, atau berenang.
  4. Jalan-jalan di alam. Menghirup udara segar akan mengalihkan perhatian anak dari keinginan untuk menyusu. Cobalah habiskan waktu lebih banyak di luar ruangan dengannya. Misalnya, ke pantai, pegunungan, atau taman kota.
Jika tidak sukses… Jangan menyerah! Setiap anak memiliki kebutuhan psikologis dan emosional yang berbeda. Jadi, bila proses menyapih tidak berhasil kali ini, ­­­­teruslah mencobanya. Usahakan untuk mengetahui apa keinginan anak di masa transisi menyusu dan minum dari botol ini berlangsung.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia