Nutrisi Terbaik Untuk Otak Anak

Selain stimulasi lewat belajar, anak juga perlu mendapatkan nutrisi seimbang untuk otaknya sehari-hari.

Cobalah lebih jeli memperhatikan kebutuhan gizi mereka. Selain itu, ada baiknya pula memasukkan jenis-jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 (DHA dan EPA) yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Studi kesehatan mengungkapkan anak yang mengonsumsi salmon minimal dua kali seminggu memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Tuna dan ikan kembung juga baik untuk perkembangan otak anak, tapi salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 terbaik.

Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang baik. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

Susu dan produk olahannya
Protein dan vitamin B yang terkandung pada susu sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak enzim, dan neurotransmiter. Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt, keju, dll yang dikemas dengan protein dan karbohidrat dapat menjadi sumber energi otak.

Gandum
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat tinggi yang terkandung dalam gandum dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga kaya vitamin B, E, potassium dan seng, yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf dan membantu otak dan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

Baca juga: Tips Agar Anak Cerdas Sejak Bayi


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Nutrisi Terbaik Untuk Otak Anak