Pentingnya Bilang, “Mama Bangga, Nak!”



 

Rasanya senang sekali ya, Ma, begitu melihat si kecil bisa melakukan sesuatu yang baru sendiri. Ingat tidak, pertama kali si kecil mampu berjalan sendiri tanpa dipegangi? Ekspresi bahagia dan bangga dari Mama serta pujian saat itu pasti membuat si kecil percaya diri untuk mengambil langkah-langkah berikutnya.
 

Ekspresi bangga dari Mama ternyata punya peranan penting dalam mendukung perkembangan si kecil. “Rasa bangga yang diberikan oleh bunda ini sangat berharga untuk buah hati, jauh lebih penting dari apresiasi lainnya,” ujar psikolog klinis Monica Sulistiawati, M.Psi., dalam acara Gerakan 1 Juta #BundaBangga Nestle DANCOW.
 

Evaluasi Mama Mendorong Perilaku Positif Si Kecil

Rasanya, kita semua percaya ya, kalau dikatakan bahwa Mama adalah sosok penting di balik kemajuan seorang anak. Mamalah yang membantu si kecil mencapai setiap perkembangannya. Mama jugalah sosok yang selalu memberikan evaluasi pada setiap hal yang dilakukan si kecil. Monica mengatakan, “Bagi sang buah hati, evaluasi dari orang tua, terutama Bunda dianggap jauh lebih penting dibandingkan jenis insentif lainnya.”
 

Monica mengutarakan bahwa teorinya, perilaku yang diikuti oleh respons menyenangkan, seperti ekspresi rasa bangga dari Mama akan memperkuat pengulangan perilaku tersebut. Itulah mengapa, respons evaluasi positif dari Mama seperti ucapan, “Mama bangga, deh!” akan membuat si kecil lebih terdorong untuk melakukan perilaku-perilaku positif lainnya.
 

Manfaat untuk Si Kecil

Nah, lalu apa saja, manfaat rasa bangga dan apresiasi yang diekspresikan Mama untuk si kecil?
 

  1. Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem)

Ketika seseorang mendapatkan apresiasi positif atas apa yang dilakukannya, maka harga dirinya akan meningkat. “Ia akan merasa berharga,” ujar Monica. Di samping itu, Monica mengatakan bahwa self esteem yang meningkat akan menurunkan manfaat-manfaat lainnya.
 

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ekspresi bangga dari Mama akan membuat si kecil yakin bahwa dirinya memang mampu. Pada gilirannya, itu akan meningkatkan rasa percaya dirinya. “Manfaatnya bukan hanya di 5 tahun awal. Dengan adanya rasa percaya diri yang sudah dikembangkan sejak dini, maka akan dibawa oleh buah hati ke seluruh aspek kehidupannya.”
 

  1. Pantang Menyerah

Rasa bangga artinya menunjukkan kepercayaan Mama. Memegang kepercayaan artinya akan meningkatkan semangat dan optimisme si kecil. Sehingga, ia akan menjadi lebih pantang menyerah.
 

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ketika mendapatkan ekspresi bangga dari Mama, si kecil akan belajar bahwa apa yang ia lakukan tepat. Ini menjadi inspirasinya untuk mempelajari semakin banyak hal bahkan yang ia anggap sulit sekalipun. Ini akan meningkatkan kemampuan kognitifnya.
 

  1. Lebih Kooperatif

Pujian dan rasa bangga dari Mama tentu membuat si kecil luluh hatinya. Ekspresi bangga yang sering disampaikan akan memperkuat ikatan Mama dengan si kecil. Hal itu kemudian bisa membuat si kecil jadi lebih kooperatif.
 

  1. Bahagia

Siapa yang tak bahagia bila membuat orang yang tersayang bangga? Si kecil pasti demikian. Anak-anak yang tumbuh dengan perasaan bahagia akan memiliki perkembangan psikologis yang lebih stabil dan optimal.

 

Baca juga:

Gerakan #BundaBangga Optimalkan Milestone Buah Hati

Jadi Orang Tua yang Membanggakan Anak

Mengapresiasi Usaha Anak di Sekolah

Kapan Anda Perlu Memuji Anak?

Bijak Memuji Anak

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Pentingnya Bilang, “Mama Bangga, Nak!”