Pilih Produk Perawatan Tubuh Anak

Tak hanya makanan bernutrisi, kebersihan juga punya andil dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Ya, kebersihan akan melindungi anak dari berbagai penyakit. Dan, anak yang jarang sakit secara otomatis pertumbuhannya pun akan jauh lebih baik dibanding anak yang sakit-sakitan.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan anak? Mudah, kok. “Mulailah dengan mandi 2 kali sehari menggunakan air bersih dan sabun. Sebelum tidur, tubuh anak diseka, dikeringkan, dan digantikan baju,” demikian dikatakan Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), konsultan tumbuh kembang anak di RSCM.

Nah, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah produk yang Anda gunakan untuk membersihkan anak. Produk dengan bahan kimia yang berlebihan, seperti mengandung deterjen, alkohol, pengharum buatan, atau pengawet, sebaiknya dihindari. Produk dengan bahan-bahan tersebut bisa berakibat negatif bagi anak dalam jangka panjang.

Sistem tubuh yang belum matang dan belum bekerja sempurna (terutama pada bayi), membuat mereka tak memiliki kemampuan sebaik tubuh orang dewasa dalam melawan efek bahan kimia. Selain itu, residu yang ditinggalkan oleh deterjen, alkohol, dan bahan kimia lainnya juga bisa membuat kulit anak menjadi kering dan kemerahan, yang bisa berujung pada iritasi dan alergi.

Jadi, produk seperti apa yang tepat untuk anak? Menurut dr. Rini, sabun sebaiknya dipilih yang tanpa deterjen, dengan formula yang mild. Terlebih, jika bayi atau balita Anda memiliki kulit yang sensitif. Dan, mandi pun tak perlu terlalu sering. Bila anak berkeringat, misalnya, membersihkan dengan air bersih atau tisu basah pun sebenarnya sudah cukup. Setelah itu, jangan lupa dikeringkan dan diganti bajunya.

Foto: TPG News

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia