Pilihan Kado Buat Kakak Saat Adiknya Lahir





 

Ketika adik lahir, semua orang melimpahinya dengan berbagai hadiah. Lalu, bagaimana dengan si kakak? Ia bisa saja iri dan marah karena tidak ada satu pun hadiah untuk dirinya. Jika hal ini terjadi, nasehat yang kerap diberikan pada si kakak adalah, "Sayang, kamu kan sudah besar sekarang, jadi tidak dapat hadiah." Mulai sekarang, hindari memberikan nasihat ini, ya, Bunda. Lebih baik Anda memberikan ia hadiah dan pastikan hadiah yang Anda berikan memiliki berbagai manfaat, seperti membuat si kakak mandiri dan semakin sayang pada adiknya. Berikut ini adalah beberapa pilihan hadiah yang bisa diberikan untuknya:

Buku
Hadiahi si kakak dengan buku bertema kakak adik, aku sayang adik, atau serba serbi seputar bayi. Tentu dengan gambar yang lucu dan menarik agar ia semakin semangat membaca. Bacakan juga untuknya, terlebih jika Anda dan anak punya rutinitas atau jadwal khusus membaca buku bersama. Teruskanlah meski sudah ada si bayi. Hal ini agar si kakak tidak kehilangan waktu istimewanya dengan adanya si adik.

Mainan edukasi sesuai umur
Pilih mainan yang sedang ia gemari dan juga sesuai usianya. Rasa bahagianya memiliki mainan baru tentu dapat mengalihkan rasa irinya pada si adik yang sedang berlimpah perhatian dari Anda. Si kakak jadi punya alternatif aktivitas, sehingga tidak menggangu si adik atau Anda.

Boneka bayi
Hadiah ini sepertinya cocok untuk anak perempuan. Namun sebenarnya tidak masalah juga jika diberikan pada anak lelaki, mungkin bentuk bonekanya saja yang diubah. Anda bisa mengajak si kakak merawat bonekanya dengan cara meniru apa yang Anda lakukan pada sang adik. Dengan begitu Anda secara tidak langsung telah mengajarkan si kakak cara memperlakukan bayi sehingga dia akan melakukan hal yang serupa terhadap si adik.

Baju kembar
Si adik dapat baju baru, si kakak tentu iri dan ingin memiliki baju serupa. Hadiahkan dia baju baru yang mirip dengan sang adik. Berikan penjelasan bahwa itu adalah tanda bahwa mereka adalah saudara dan harus saling menyayangi. Memiliki hadiah yang serupa tentu membuat rasa iri terhadap si adik akan berkurang.

Kaus bertuliskan "Aku Sayang Adik"
Dapat hadiah kaus baru tentu akan membuat si kakak senang. Kali ini bajunya tidak serupa dengan adik, namun disertai tulisan “Aku sayang adik” di bagian dadanya. Ajarkan agar dia mengerti arti tulisan yang ada di kausnya, bahwa dia sudah menjadi seorang kakak yang harus menjaga seorang adik.

(FAR/NAT)

Baca Juga:

-Hadiah Saat Anak Berperilaku Baik

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Pilihan Kado Buat Kakak Saat Adiknya Lahir

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia