Prasekolah Anak Berkebutuhan Khusus

Memilih prasekolah bukan perkara gampang. Apalagi jika anak memiliki kebutuhan tertentu. Namun Mama tak usah takut dan khawatir karena sebenarnya memilih prasekolah untuk anak yang berkebutuhan khusus tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Simak penuturan dari Alzena Masykouri, psikolog anak sekaligus pendiri sekolah Bestariku Bintaro, mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih prasekolah untuk anak:

- Derajat gangguan perkembangan (dan/atau pertumbuhan) yang dialami oleh anak
Pada anak berkebutuhan khusus, faktor usia tidak dapat menjadi panduan dalam penguasaan suatu kemampuan dikarenakan gangguan yang mereka alami. Kemampuan utama yang diperlukan adalah kemampuan berkomunikasi dan mengendalikan diri. Bila ia dianggap sudah mampu untuk mengikuti aktivitas bersama dengan teman-temannya, maka anak berkebutuhan khusus dapat bergabung ke sekolah umum.

- Jarak dan lokasi antara sekolah dengan tempat tinggal
Sama seperti anak lainnya, jarak dan lokasi sekolah yang terlalu jauh dari rumah hanya akan membuat anak capek di perjalanan. Pada anak berkebutuhan khusus, misalnya anak autis, capek dan stres bisa memicu tantrum dan gangguan perilaku lainnya.

- Fasilitas sekolah dan pembelajaran
Orangtua dapat mencermati apakah fasilitas yang ditawarkan oleh pihak sekolah memang sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya, ukuran ruangan kelas dan tata letaknya, termasuk apakah area bermain dapat memenuhi kebutuhan gerak anak. Perhatikan juga faktor keamanannya, ya, Ma. Lalu, perhatikan juga aktivitas pembelajarannya, apakah sesuai dengan karakter dan kebutuhan khusus si kecil? Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda.

- Program pembelajaran di sekolah
Kecepatan belajar anak berkebutuhan khusus sangat mungkin berbeda dengan teman-teman sebayanya. Untuk itu, orang tua harus bekerjasama dengan pihak sekolah dalam merancang program pembelajarannya di sekolah. Tanyakan kepada pihak sekolah, hal apa saja yang dapat ditawarkan oleh sekolah untuk memenuhi kebutuhan belajar anak. Sekolah akan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk sumber daya.

- Keterlibatan profesional dalam menangani anak berkebutuhan khusus

Dalam penanganan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus, tentu dibutuhkan banyak profesional di bidangnya masing-masing, mulai dari dokter anak, psikolog, dan terapis. Pihak sekolah juga memiliki peranan penting dalam perkembangan anak. Kerjasama antar semua pihak yang difasilitasi oleh orang tua akan sangat membantu anak dalam mendapatkan stimulasi dan pelayanan yang terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhannya.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Prasekolah Anak Berkebutuhan Khusus