Sekolah Terbaik untuk Anak Terlambat Bicara


Meski sudah berusia 4 tahun, kosa kata anak bungsu saya masih sangat terbatas. Rencananya, tahun ajaran depan, saya akan memasukkannya ke TK yang sama dengan kakaknya dulu. Masalahnya, TK ini menerapkan bahasa pengantar bilingual. Saya agak khawatir kalau penggunaan dua bahasa ini justru akan menghambat perkembangan berbahasanya. — Rina Abigail, Jakarta

Hapsarini, Wakil Kepala Sekolah Embun Pagi Islamic School:

Maaf sebelumnya, Mama tidak menyebutkan alasan mengapa kosa-kata anak terbatas, apakah dikarenakan speech delay atau faktor kurangnya komunikasi yang dilakukan oleh anak. Kalau penyebab keterbatasan ini adalah speech delay, maka memang seharusnya anak lebih difokuskan untuk belajar bahasa ibu terlebih dahulu, baru kemudian ia bisa belajar bahasa kedua begitu bahasa ibunya sudah lancar. Tapi jika keterbatasan kosa-kata anak ini disebabkan karena kurangnya komunikasi yang ia lakukan bersama orang-orang di sekitarnya, maka bersekolah memang merupakan salah satu cara terbaik untuk menstimulasi anak mau berkomunikasi sekaligus bersosialisasi. Dengan bersekolah, otomatis perbendaharan kosa kata anak pun akan bertambah. Kalau ini yang dialami oleh anak, maka tak masalah jika Mama ingin memasukkannya ke sekolah bilingual.

Jadi, yang pertama kali harus Mama lakukan adalah mencari tahu apa penyebab keterlambatan bicara pada anak. Setelah mengetahuinya, tentukan sekolah pilihan yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan si kecil. Inilah faktor yang paling penting dalam memilih sekolah. Utamakan kenyamanan dan kebaikan untuk anak di sekolah tersebut nantinya. Semoga jawaban ini bermanfaat dan bisa membantu Mama.


Foto: 123rf

Baca juga : 4 Tip Bantu Anak Sukses di Sekolah

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia