Stop 4 Komentar Negatif tentang Kebiasaan Anak Makan!




Anak Anda hanya makan sedikit atau pemilih? Tentu sangat mudah untuk melampiaskan rasa frustrasi kita tentang kebiasan makan anak, terutama kepada teman-teman atau anggota keluarga kita. Ini adalah hal yang wajar dilakukan orang tua. Secara naluriah, Anda ingin berbagi untuk melegakan perasaan Anda atau bahkan mendapat dukungan agar tidak menyerah.
 
Akan tetapi, Judy Delaware, OTR/L, terapis okupasi dan ahli pemberian makan di Denver pengelola konsultasi Feeding Littles mengingatkan orang tua untuk berhati-hati agar tidak memperburuk keadaan dengan berbicara tentang kebiasaan makan anak-anak kita secara negatif di hadapan mereka.
 
“Balita dan anak-anak akan mempelajari label-label ini,” ujarnya. Judy menambahkan bahwa anak-anak cenderung menerima dan menginternalisasi komentar-komentar negatif orang tuanya tentang kebiasaan makan mereka. Judy menggambarkannya sebagai ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya
 
“Semakin kita menggambarkan anak-anak kita sebagai pemilih, semakin mereka menganggap diri mereka pilih-pilih,” ujarnya. “Jika kita mengatakan anak-anak kita tidak akan menyukai makanan tertentu, mereka akan menganggap mereka tidak akan menyukainya tanpa mencobanya,” imbuhnya.
 
Berikut ini komentar negatif yang sebaiknya Anda hindari:


“Dia sangat pemilih. Dia hanya mau makan sedikit jenis makanan saja”
Lebih baik gantikan dengan kalimat, “Kita semua mencoba untuk makan makanan baru bersama-sama.”
 

“Jangan repot-repot memberikan makanan kepadanya. Dia tidak akan memakannya.”
Lebih baik gantikan dengan kalimat, “Silahkan berikan sedikit di piringnya biar dia bisa ikut makan bila dia menginginkannya.”
 

“Dia jauh lebih pemilih daripada kakaknya. Kakaknya lebih baik.”
Lebih baik gantikan dengan kalimat, “Mereka punya preferensi makanan yang berbeda. Kami sekeluarga berusaha untuk mencoba makanan-makanan baru bersama-sama.”
 

“Dia makan terlalu banyak/sedikit. Aku khawatir dengan berat badannya.”
Lebih baik gantikan dengan kalimat, “Dia sedang belajar makan sesuai dengan kebutuhannya.”
 
 
Lela Latifa
Foto: Freepik

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Stop 4 Komentar Negatif tentang Kebiasaan Anak Makan!