Tanda Anak Mulai Mandiri

"Aku bisa, kok!" Bila hal itu kerap diucaokan anak, itu artinya anak mulai mandiri.
 
Ya, ia memang bisa melakukan sesuatu sendiri (tentunya dengan bantuan Anda!). Mungkin belum sempurna hasilnya, namun ini menunjukkan kalau ia belajar bertanggung jawab dan juga mandiri. Jadi, biarkan segala sesuatunya berjalan secara alami.

Luangkan waktu yang banyak – sebisa Anda – untuk membantu anak berbagai hal, seperti memasukkan kaki mungilnya secara pas di sepatunya. Kalau Anda terburu-buru, katakan saja tanpa harus merasa bersalah, “Jangan sekarang, ya, Sayang! Mama harus berangkat ke kantor.”

Anak Anda (2) melihat kakaknya (4) turun sendiri dari mobil. Ia ingin melakukan hal yang sama. Begitu, Anda membantunya, tubuhnya langsung kaku dan menolak sambil berteriak, “Nggak. Aku mau sendiri.” Ini berarti ia sudah siap untuk mengubah kebiasaannya.

Dari sini, Anda bisa tahu kalau inilah saatnya ia ingin melakukan sesuatu sendiri. Bisa jadi, anak tidak langsung bisa turun dari mobil dengan lancar, tanpa bantuan. Namun, lama kelamaan ia bisa, kok, melakukannya. Ia tetap ingin menunjukkan kalau ia sudah besar dan mandiri.

Foto: Foto Search

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Tanda Anak Mulai Mandiri

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia