Tingkat Kolesterol Normal Anak

Berbeda dari orang dewasa, anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan belum perlu ”mati-matian” mengontrol jumlah kolesterol di dalam tubuhnya, Ma. Mereka masih membutuhkan kolesterol untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Pada anak-anak, kolesterol berperan penting untuk melindungi saraf, membangun jaringan sel, serta memproduksi beberapa jenis hormon tertentu.

Tapi jangan terlena dulu, Ma. Pasalnya, sama seperti orang dewasa, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi anak. Menurut penelitian, pembentukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah sudah bisa dimulai sejak masa kanak-kanak.

Karena itulah, Akademi Ilmu Kesehatan Anak Amerika (American Academy of Pediatrics) serta Program Nasional Pendidikan Kolesterol (National Cholesterol Education Program) di Amerika, menganjurkan orangtua mulai mengurangi konsumsi lemak dan kolesterol ketika anak-anak mereka berusia dua tahun.

Berikut ini adalah anjuran dari Program Nasional Pendidikan Kolesterol di Amerika tentang kadar kolesterol yang dianjurkan pada anak-anak:

 

Kolesterol Total

Kolesterol LDL

Diperbolehkan

Kurang dari 170 mg/dL

Kurang dari 110 mg/dL

Batas tinggi

170-199 mg/dL

110-129 mg/dL

Tinggi

200 mg/dL atau lebih

130 mg/dL atau lebih


Baca juga: 5 Cara Sehat Konsumsi Fast Food

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tingkat Kolesterol Normal Anak