Trik Sukses Bawa Anak ke Dokter

Membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan rutin bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun bisa juga malah menyebalkan. Berikut tip jitu agar kunjungan si kecil dan Anda berjalan mulus di ruang praktek dokter:  

Jelaskan tujuan pergi ke dokter. Beritahu hal ini dalam bahasa yang sederhana, sesuai usia anak. Misalnya, untuk si 3 tahun, katakan saja, “Di sana, dokter akan memeriksa badan kamu untuk melihat apakah kamu sehat atau tidak.”   

Usahakan agar si kecil menjadi pasien pertama pada hari itu. Selain ia tidak perlu menunggu terlalu lama, juga untuk jaga-jaga kalau dokter datang terlambat. Kalau dokter sampai terlambat, bisa-bisa waktu tidur anak terganggu dan Anda jualah yang bakal kewalahan.

Jangan biarkan anak lapar atau bosan, sebab ia bisa rewel sepanjang kunjungan. Bekali si kecil dengan beberapa camilan (sebaiknya sih fingerfood) dan mainan favorit (beberapa mainan yang tidak terlalu besar dan dimasukkan dalam tas). Begitu rewel, keluarkan satu demi satu ya, Ma.  

Bila perlu, pangku anak. Banyak penelitian yang membuktikan, anak yang dipangku orang tuanya (ketimbang tidur di atas meja periksa) ketika disuntik atau diperiksa, tidak merasa takut. Bisa jadi, ini karena mereka merasa lebih aman dan nyaman.

Bekali diri dengan daftar pertanyaan. Tidak perlu terlalu bertele-tele, serta tetap fokus pada kondisi kesehatan anak pada saat itu! Juga, banyak-banyak membaca dan browsing sebelum menanyakan apapun.

Konsultan: dr. Purnamawati S. Pujiarto, Sp.AK, MMPed

Baca juga:
- Agar Anak Tak Takut Disuntik

- Perlukah Si Kecil Dapat Antibiotika?

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Trik Sukses Bawa Anak ke Dokter