Yang Terjadi di Masa Depan Bila Balita Kurang Tidur


Beberapa penelitian telah menyebutkan balita yang kurang tidur memiliki masalah pada perhatian dan mudah rewel. Namun ternyata tidak berhenti di situ saja, anak-anak yang di masa balitanya memiliki kualitas tidur yang buruk akan mengalami masalah di usia sekolahnya nanti.
 
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh dokter anak dari Massachusetts General Hospital for Children di Boston, AS, terhadap 1046 anak menyebutkan bahwa kurang tidur pada anak usia dini menyebabkan masalah kognitif dan perilaku beberapa tahun kemudian. Orang tua dan guru melaporkan bahwa anak-anak usia 7 tahun yang tidak mendapatkan cukup tidur selama masa balita memiliki lebih banyak masalah dibandingkan dengan teman sebayanya yang mendapatkan jumlah waktu tidur yang sesuai dengan usianya.
 
"Anak-anak yang tidak mendapatkan jumlah waktu tidur yang disarankan memiliki lebih banyak kesulitan dengan perhatian, pengendalian emosi, pemecahan masalah, dan juga memiliki masalah perilaku," tutur Dr. Elsie M. Taveras, MD, MPH, selaku ketua tim penelitian.
 
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurang tidur pada anak berpengaruh pada fungsi dan perilaku eksekutif yang buruk. Fungsi eksekutif sendiri adalah kemampuan otak untuk memproses informasi yang masuk dan menanggapi informasi tersebut. Sehingga, dengan fungsi eksekutif yang buruk, seorang anak tidak tahu bagaimana cara mengumpulkan banyak informasi dan cara memprosesnya.
 
Anak-anak yang memiliki waktu tidur kurang dari 10 jam per hari pada usia 3 hingga 4 tahun mendapat skor lebih rendah dari orang tua dan guru dibandingkan dengan anak-anak yang biasanya tidur lebih lama. Hasilnya serupa untuk usia 5-7 tahun yang tidurnya kurang dari 9 jam setiap malam.
 
Kriteria Kurang Tidur
Seorang balita dikatakan kekurangan waktu tidur apabila:

  • Antara usia 1-2 tahun memiliki waktu tidur <11-12 jam per hari.

  • Antara usia 3-4 tahun memiliki waktu tidur <10-11 jam per hari.

  • Antara usia 5-7 tahun memiliki waktu tidur <9 jam.


Rekomendasi Waktu Tidur
Mengacu pada rekomendasi waktu tidur dari National Sleep Foundation, inilah durasi tidur yang disarankan untuk balita.

  • Usia 1-2 tahun memerlukan tidur selama 11-14 jam per hari.

  • Usia 3-5 tahun memerlukan waktu tidur selama 10-13 jam per hari.

 
Baca juga:
7 Kesempatan Emas yang Terlewat Akibat Si Kecil Kurang Tidur
5 Fakta tentang Tidur Siang
9 Langkah Menyempurnakan Kualitas Tidur Anda
4 Cara Sukses Membujuk Anak Tidur Siang
Belajar Tidur Sendiri
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Yang Terjadi di Masa Depan Bila Balita Kurang Tidur