6 Gerakan Ini Bisa Perkuat Otot Bayi


Kickboxing

Membedong si kecil memang bisa membuatnya merasa tenang dan nyaman selama beberapa minggu setelah ia lahir. Namun, terkadang, membiarkan kedua kaki mungilnya bebas menendang juga penting, lho, Ma. Kegiatan semacam ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh, serta meningkatkan kontrol otot dan kekuatan kakinya untuk mendukungnya merangkak dan merambat yang biasanya terjadi antara tujuh dan sepuluh bulan. Berikan sasaran seperti kickboxing yang dilakukan orang dewasa untuk membantu meningkatkan kemampuan koordinasinya.

“Ketika Anda memberikan bayi sesuatu untuk ditentang, Anda membantunya belajar sebab dan akibat dan dampak yang akan terjadi di sekitarnya,” kata Jennifer Shu, M.D., salah satu penulis Heading Home With Your Newborn. “Tujuannya adalah untuk membantu mereka membuat tendangan yang tepat sasaran.”

Demikian pula dengan pukulan, mungkin pukulan si kecil tidak keras, tetapi ingat, Ma, ia sedang belajar meningkatkan kekuatan lengannya, memperbaiki keterampilan motoriknya, serta mengasah koordinasi antara mata dan tangannya. “Bayi belajar tentang bagaimana mencapainya dan memahaminya,” kata Dan Brennan, M.D., seorang dokter anak di Santa Barbara, California. “Dia belajar tentang hubungan spasial (kemampuan untuk mengamati hubungan posisi objek dalam ruang).”

Lakukan sekali atau dua kali setiap hari, dan biarkan si kecil bergerak mendekati Anda. Gunakan tangan, lengan, atau punggung Anda untuk memberikan perlawanan kepada si kecil. Mama juga bisa menyentuh atau menggelitik kaki anak untuk merangsang indra perabanya saat ia mencapai sasaran, meningkatkan kekuatannya, dan meningkatkan jangkauan geraknya. Mama juga bisa menggantungkan benda kecil dengan aman supaya bisa ditarik anak.

Foto: 123rf

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

6 Gerakan Ini Bisa Perkuat Otot Bayi

Follow Us

angket

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia